Kompas.com - 08/12/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. ThinkstockIlustrasi kesehatan mental.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Tri Kurniati Ambarini mengatakan, semua orang memiliki risiko gangguan kesehatan mental.

Menurutnya, gangguan mental itu seperti bagian dari fase hidup seseorang. Semua orang punya potensi mengalami gangguan mental. Sebab gangguan mental itu berkembang, ada beberapa tingkat.

Mulai dari yang tidak sakit hingga sakit, seperti halnya sakit fisik. Rini mengungkapkan, psikosis sebagai kondisi kejiwaan yang muncul adanya gangguan berupa ketidakmampuan membedakan antara khayalan dan realita.

Baca juga: Dosen UGM Bahas Cara Beternak Domba Kandang Bersih Tanpa Bau

Hal tersebut ditandai dengan kombinasi-kombinasi gejala secara khusus yang terjadi pada subjek.

"Psikosis bukan sebuah gangguan mental yang tiba-tiba muncul, dia punya mekanisme atau cara yang sama pada gangguan mental lain," kata dosen yang akrab disapa Rini dalam acara ‘Pengabdian Masyarakat mengenai Upaya Intervensi Dini Terjadinya Kasus Psikosis’ seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (7/12/2021).

Gejala psikosis

Rini menyampaikan, ada beberapa gejala sederhana yang kerap terjadi pada remaja dan dewasa muda psikosis. Yuk cermati gejala psikosis berikut ini:

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata di Masa Daring ala Dokter Poliklinik IPB

1. Perilaku aneh

Aneh dalam hal ini artinya tidak dapat mengendalikan perilaku yang sesuai dengan standar dan norma masyarakat seperti kemarahan yang meledak-ledak. Seorang dewasa yang bertingkah laku seperti anak-anak.

"Biasanya jarang murung jadi sering murung, apatis secara emosional, hingga penarikan sosial," terang Rini.

2. Penurunan higienitas diri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.