Kompas.com - 07/12/2021, 18:48 WIB
Vita Krisnadewi saat berada di kandang domba miliknya di Sinatria Farm. KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAVita Krisnadewi saat berada di kandang domba miliknya di Sinatria Farm.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan studi, mahasiswa tidak hanya bisa bekerja di suatu perusahaan atau menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mahasiswa juga bisa berwirausaha sesuai dengan minat atau hobinya. Bagi yang suka memelihara hewan ternak, bidang usaha di peternakan saat ini juga cukup menjanjikan.

Sudah banyak contoh pengusaha ternak yang berhasil mengembangkan bisnisnya. Banyak pilihan hewan ternak yang bisa dibudidayakan, mulai dari sapi, ayam, kambing hingga domba.

Semuanya merupakan komoditas makanan yang selalu dibutuhkan masyarakat. Bahkan pada event-event tertentu, seperti hari raya Idul Adha, permintaan hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba pasti mengalami lonjakan.

Baca juga: Relawan Unesa Berikan Trauma Healing bagi Pengungsi Gunung Semeru

Peluang bisnis beternak domba

Sehingga menjadi seorang peternak tentu menjadi profesi yang menjanjikan. Usaha di bidang ternak ini dibahas dalamWebinar Bincang Desa Seri ke #33 yang menghadirkan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pada webinar ini mengangkat tema 'Bisnis Ternak Domba Modern, Kandang Bersih Tanpa Bau'. Menurut Panjono peluang bisnis domba saat ini sangatlah bagus karena domba itu termasuk ternak kecil.

Sehingga modal relatif tidak sebesar seperti ternak sapi. Panjono menjelaskan, peluang usaha domba saat banyak diminati. Selain itu, kebutuhan domba konsumsi di Indonesia juga belum terpenuhi.

"Kinerja pembiakan dalam sebuah bisnis domba harus memperhatikan, interval kelahiran, liter size, mortalitas prasapih, tingkat reproduksi, bobot sapih, dan produktivitas induk," terang Panjono seperti dikutip dari website Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), Selasa (7/12/2021).

Baca juga: RotiO Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Yuk Daftar

Limbah yang dihasilkan dari beternak domba

Panjono mengungkapkan, beternak domba tentu akan menghasilkan limbah kandang domba yang terdiri dari feses, urine dan sisa pakan.

"Kandang itu harus rajin dibersihkan agar tidak menimbulkan bau," ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.