Kompas.com - 03/12/2021, 07:58 WIB
Suasana belajar di sekolah inklusi yang menerima anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah umum Suwandi/KOMPAS.comSuasana belajar di sekolah inklusi yang menerima anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah umum
|

KOMPAS.com - Saat ini jumlah sekolah inklusif baru mencapai 12 persen dari total 149.224 sekolah dasar di seluruh Indonesia. Karena itu, sekolah inklusif harus diperbanyak lagi.

Demikian diungkapkan Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud Ristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., dihadapan ratusan perwakilan dinas pendidikan kabupaten/kota dari berbagai wilayah Indonesia, pada Selasa (30/11/2021) di Bali.

"Sekolah dasar yang menyelengarakan pendidikan inklusif harus diperbanyak agar semua anak bisa mendapatkan hak pendidikan secara adil dan merata. Itu sejalan dengan amanat konstitusi," terangnya dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Lulus UNY, Guru SD Ini Raih IPK 4

Untuk itulah pihaknya terus mendorong dinas pendidikan kabupaten/kota terus memperluas layanan pendidikan yang berkeadilan dan inklusif.

Dikatakan, Direktorat SD melaksanakan kegiatan Pendampingan Implementasi Program Afirmasi Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dengan mengundang dinas pendidikan kabupaten/kota untuk meningkatkan angka partisipasi murni (APM) sekolah dasar.

Tujuannya untuk meningkatkan tata kelola implementasi program afirmasi pendidikan sekolah dasar yang meliputi:

1. pendidikan layanan khusus

2. pendidikan inklusif

3. penanggulangan bencana di sekolah

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong dinas pendidikan untuk mengoptimalkan implementasi program afirmasi pendidikan di sekolah dasar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.