Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2021, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kalau menyebut hewan bertubuh besar, kebanyakan akan menyebut gajah atau paus. Sementara untuk hewan terganas, kebanyakan menyebut hiu, buaya, harimau, dan ular.

Namun, di antara para hewan ini, ada juga hewan-hewan unik yang usianya tidak bisa panjang. Bahkan, ada yang usianya hanya 24 jam.

Padahal, jika kamu memelihara kucing atau anjing, kedua hewan tersebut normalnya memiliki usia hingga 15 tahunan. Ada juga hewan dengan usia terpanjang seperti kura-kura raksasa aldabra.

Seperti apa hewan dengan usia terpendek yang ada? Dilansir dari laman Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, berikut daftarnya:

Baca juga: Webinar IPB: Seperti Ini Pertolongan Pertama pada Gigitan Ular

1. Lalat capung atau mayfly (24 jam)

Lalat capung atau mayfly adalah hewan yang memiliki usia terpendek di dunia. Serangga yang masuk ordo Ephemeroptera ini hanya mampu hidup selama 24 jam.

Layaknya capung, lalat capung menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai nimfa atau larva yang baru menetas dan sisa hidup yang dia miliki hanya digunakan untuk bereproduksi.

Setelah dewasa, lalat capung berubah nama menjadi Imago dan tujuan hidupnya hanya untuk bereproduksi. Sebab setelah itu mereka akan mati dalam waktu 24 jam. Rekor waktu mati lalat capung dewasa setelah bereproduksi ialah 5 menit.

2. Gastrotricha (3 hari)

Gastrotricha adalah kelompok hewan mikroskopis dengan ukuran 0,06 hingga 3,0 mm.

Bentuknya seperti cacing, dan hewan ini dapat ditemukan di air tawar dan lingkungan laut. Memiliki struktur tubuh transparan, hewan ini berenang mengikuti arus hewan yang satu ini hanya bertahan hidup selama 3 hari.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

3. Nyamuk (10-15 hari)

Nyamuk ternyata juga memiliki umur yang pendek. Untuk nyamuk jantan hanya berusia sekitar 10 hari. Sedangkan nyamuk betina berusia lebih panjang.

Perlu diketahui hanya nyamuk betina yang menghisap darah sementara nyamuk jantan mengonsumsi madu layaknya lebah.

4. Semut pejantan (2 minggu)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com