Kompas.com - 02/12/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi capung. PIXABAY/MELANIEIlustrasi capung.

KOMPAS.com - Kalau menyebut hewan bertubuh besar, kebanyakan akan menyebut gajah atau paus. Sementara untuk hewan terganas, kebanyakan menyebut hiu, buaya, harimau, dan ular.

Namun, di antara para hewan ini, ada juga hewan-hewan unik yang usianya tidak bisa panjang. Bahkan, ada yang usianya hanya 24 jam.

Padahal, jika kamu memelihara kucing atau anjing, kedua hewan tersebut normalnya memiliki usia hingga 15 tahunan. Ada juga hewan dengan usia terpanjang seperti kura-kura raksasa aldabra.

Seperti apa hewan dengan usia terpendek yang ada? Dilansir dari laman Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, berikut daftarnya:

Baca juga: Webinar IPB: Seperti Ini Pertolongan Pertama pada Gigitan Ular

1. Lalat capung atau mayfly (24 jam)

Lalat capung atau mayfly adalah hewan yang memiliki usia terpendek di dunia. Serangga yang masuk ordo Ephemeroptera ini hanya mampu hidup selama 24 jam.

Layaknya capung, lalat capung menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai nimfa atau larva yang baru menetas dan sisa hidup yang dia miliki hanya digunakan untuk bereproduksi.

Setelah dewasa, lalat capung berubah nama menjadi Imago dan tujuan hidupnya hanya untuk bereproduksi. Sebab setelah itu mereka akan mati dalam waktu 24 jam. Rekor waktu mati lalat capung dewasa setelah bereproduksi ialah 5 menit.

2. Gastrotricha (3 hari)

Gastrotricha adalah kelompok hewan mikroskopis dengan ukuran 0,06 hingga 3,0 mm.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.