Kompas.com - 02/12/2021, 07:54 WIB
Beasiswa Indonesia Maju untuk S1 ke luar negeri. DOK. Booklet Beasiswa Indonesia MajuBeasiswa Indonesia Maju untuk S1 ke luar negeri.

KOMPAS.com - Ada satu lagi beasiswa yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S1 di luar negeri.

Program Beasiswa Indonesia Maju angkatan 1 (reguler) diperuntukkan bagi seluruh siswa aktif kelas 12 di Indonesia untuk melanjutkan studi S1 di luar negeri di tahun ajaran 2022-2023.

Merangkum dari booklet Beasiswa Indonesia Maju, program ini memberikan keuntungan dalam dua tahapan bagi penerimanya. Tahapan pertama yakni tahap pembinaan hingga tahap kuliah S1 di luar negeri. Lalu tahap berikutnya, jika berhasil mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri. 

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Cakupan penerima Beasiswa Indonesia Maju

  • Tahap Pembinaan

Penerima beasiswa akan mendapatkan dibantu dalam mempersiapkan pendaftaran di perguruan tinggi luar negeri pilihannya. Mencakup sesi konseling, kursus TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya, hingga sharing session dengan alumni.

  • Tahap kuliah S1 luar negeri

Tahap ini berlaku bila penerima beasiswa sudah berhasil memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi yang dipilihnya. Pendanaan yang berlaku dapat berupa pendanaan penuh atau parsial sesuai dengan kemampuan orang tua penerima.

Biaya yang ditunjang selama masa studi normal (maksimal 4 tahun) adalah biaya SPP, tunjangan buku, biaya skripsi, dan biaya pendukung lainnya seperti, transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Ketentuan Beasiswa Indonesia Maju 

  • Beasiswa tersedia bagi siswa kelas XII dengan kewarganegaraan Indonesia
  • Membuat surat pernyataan kesanggupan
  • Melampirkan surat persetujuan orang tua
  • Menyusun tiga esai yang sudah diberikan
  • Bersedia mengabdi untuk negara setelah lulus studi.

Persyaratan Beasiswa Indonesia Maju 

1. Warga negara Indonesia (dibuktikan dengan salinan identitas diri dan KK). 

2. Siswa kelas 12 Pendidikan Menengah (SMA/SMK/MA/sederajat) (dibuktikan dengan salinan transkrip nilai rapor kelas 10 semester 1 hingga semester terbaru di kelas 12).

3. Tercatat sebagai pemenang atau finalis pada lomba/kompetisi/festival tingkat internasional dan nasional dalam bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi yang diselenggarakan pada dua tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (dibuktikan dengan sertifikat, piagam pemenang, atau Surat Keputusan). 

4. Melampirkan sertifikat bahasa asing (opsional). 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.