KILAS

Prasmul Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi yang Paling Banyak Menangkan Kompetisi Wirausaha

Kompas.com - 29/11/2021, 09:01 WIB
Berdasarkan Satisfaction Survey for Alumni and Employer of Graduate, Kantar Market Research 2019, tercatat 27 persen alumni Universitas Prasetiya Mulya berkarier sebagai wirausaha. DOK Prasetiya Mulya (Prasmul)Berdasarkan Satisfaction Survey for Alumni and Employer of Graduate, Kantar Market Research 2019, tercatat 27 persen alumni Universitas Prasetiya Mulya berkarier sebagai wirausaha.

KOMPAS.com – Komitmen Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) dalam menciptakan lulusan perguruan tinggi yang memiliki semangat kewirausahaan berbuah manis.

Universitas swasta tersebut masuk peringkat tiga besar perguruan tinggi penerima atau pemenang kompetisi kewirausahaan terbanyak menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya Prof Agus W Soehadi mengatakan, prestasi tersebut menunjukkan keaktifan mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dalam mengikuti kompetisi kewirausahaan di berbagai tingkat.

Banyaknya mahasiswa yang mengikuti kompetisi kewirausahaan pun tidak terlepas dari semangat wirausaha yang terus ditanamkan oleh Universitas Prasetiya Mulya.

Baca juga: Hadapi Dinamika Industri, Alumnus Program MM Prasetiya Mulya Ungkapkan yang Didapatkan dari Kampus

“Sebagai institusi pendidikan, kami senantiasa berupaya menciptakan sebuah ekosistem yang mampu menumbuhkan jiwa kompetisi mahasiswa melalui kurikulum pendidikan dan budaya universitas yang diturunkan dari tiap angkatan mahasiswa sehingga kompetisi sudah menjadi bagian dari keseharian mereka,” kata Prof Agus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (27/11/2021)

Hal serupa pun ungkapkan oleh Direktur Kemahasiswaan, Karakter, dan Alumni Universitas Prasetiya Mulya Dr Rudy Handoko. Ia mengatakan, ekosistem yang memacu jiwa berkompetisi juga terefleksikan melalui soft skill assessment yang dilakukan secara berkala, di mana salah satu komponen yang dinilai adalah achievement oriented.

“Salah satu cara kami mengasah soft skill tersebut adalah mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi yang mampu menguji dan memberikan validasi atas ide dan inovasi mereka,” ungkap Dr Rudy.

Pihaknya juga percaya bahwa seorang pebisnis harus memiliki keinginan dan kemampuan untuk mengejar prestasi atau mencapai suatu target guna dapat bertahan dan menonjol di tengah ketatnya persaingan dunia bisnis.

Baca juga: Alasan Penting Pengusaha Startup Butuh Mentor Bisnis

Value tersebut terinternalisasi di setiap fakultas melalui pendampingan program personal development,” kata Dr Rudy.

Berdasarkan Satisfaction Survey for Alumni and Employer of Graduate, Kantar Market Research 2019, tercatat 27 persen alumni Universitas Prasetiya Mulya berkarier sebagai wirausaha.DOK. Prasetiya Mulya (Prasmul) Berdasarkan Satisfaction Survey for Alumni and Employer of Graduate, Kantar Market Research 2019, tercatat 27 persen alumni Universitas Prasetiya Mulya berkarier sebagai wirausaha.

Dengan demikian, lanjutnya, mahasiswa tak hanya mampu mengikuti kompetisi kewirausahaan. Ketika lulus, value itu diharapkan dapat membantu alumnus dalam membangun usaha maupun berkarir sebagai tenaga profesional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.