Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2021, 08:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Chief of Teachers' Initiative Zenius, Amanda Witdarmono Pandjaitan mengatakan, guru adalah profesi yang sangat menggunakan hati.

Guru tidak hanya bertugas untuk mengajar, tapi juga mengemban masa depan bangsa Indonesia.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Kemenag: Dedikasi Guru Patut Diapresiasi

Dalam setahun ke belakang, dia melihat dengan nyata perjuangan para guru di komunitas Zenius untuk Guru (ZenRu). Di mana mereka harus naik gunung atau menyeberang laut demi bisa mendapatkan sinyal untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas.

"Perjuangan bapak maupun ibu guru untuk tetap memberikan stabilitas pada siswa di tengah jadwal pembelajaran tatap muka yang kerap berubah," kata Amanda saat memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021 secara daring, Kamis (25/11/2021).

Amanda menambahkan, pada masa pasca pandemi Covid-19, pendidikan yang berbasis keterampilan akan menjadi modal belajar yang penting untuk siswa.

Konten-konten dari Zenius, kata dia, selalu mengedepankan keterampilan, sebelum pengetahuan.

Dan ketika guru memiliki wadah berkreasi dan bertukar pikiran untuk melakukan pengajaran yang menggarisbawahi keterampilan berpikir bersama-sama, Zenius dan guru-guru dapat ikut ambil bagian dalam pemulihan pendidikan pasca pandemi.

Sebagai wadah yang mendukung kegiatan pembelajaran para guru, ZenRu menghadirkan layanan berupa aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone maupun laptop.

Hal itu memungkinkan para pendidik untuk mengakses ratusan ribu pustaka konten Zenius dan mengajak siswa belajar dengan mudah.

Baca juga: Peran Utama Guru Masih Tetap Sama agar Anak-anak Terdidik

Selain itu, mereka juga bisa mengakses Learning Management System (LMS). Di mana mereka bisa membuat kelas, memberikan latihan soal untuk para siswa, melakukan penilaian, dan mengintegrasikannya ke Google Classroom.

"Fitur-fitur ini sangat membantu para guru dalam memantau pembelajaran para siswa dan mengerjakan tugas-tugas administratif, sehingga mereka memiliki waktu lebih untuk fokus pada perkembangan siswa mereka," ujarnya.

Selain itu, ZenRu pun hadir sebagai komunitas bagi para guru untuk dapat berbagi dan bertukar pikiran di beberapa platform media sosial.

Tak hanya itu, ZenRu juga rutin menyelenggarakan lokakarya baik yang diselenggarakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan berbagai Dinas Pendidikan di Indonesia.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, para guru yang tergabung di ZenRu bisa mendapatkan berbagai hal positif yang bisa membantu mereka untuk menjalani aktivitas pembelajaran di kelas.

"Hal nyata yang kami lakukan untuk guru, kami melakukan perpanjangan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. Kerja sama yang telah dimulai sejak tahun 2020 akan dilajutkan untuk setahun ke depan," jelas dia.

Baca juga: Peringati HGN, Menag: Guru Harus Tingkatkan Kapasitas

Dia menambahkan, kerja sama tersebut bertujuan untuk memanfaatkan layanan Zenius untuk peningkatan efektivitas sistem edukasi dan pembelajaran bagi siswa dan guru di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com