Kompas.com - 25/11/2021, 19:55 WIB
Ilustrasi guru DOK. PEXELSIlustrasi guru
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Ali Ramdhani menegaskan, negara patut mengapresiasi dedikasi guru lewat program-program strategis nasional, terutama terkait aspek kesejahteraan guru.

Berbagai kebijakan dan program pun sudah diluncurkan Kemenag.

Baca juga: Datang ke Puncak HGN Naik Bus, 30 Guru Terkejut Ada Nadiem Makarim

Misalnya, pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG), baik bagi guru madrasah maupun Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah, dan pengangkatan guru PPPK guru madrasah dan GPAI pada tahun 2021-2022.

Kemudian pemberian bantuan insentif guru, pembayaran selisih tukin terhutang tahun 2015-2018, dan program lainnya.

Pada aspek peningkatan kompetensi, sebut dia, Kemenag telah dan sedang mengupayakan penguatan program sertifikasi guru melalui jalur pendidikan profesi guru (PPG), pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), dan asesmen kompetensi pengawas.

"Lalu ada asesmen kompetensi kepala madrasah dan sejumlah kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan lain sebagainya," ucap Ali saat membacakan sambutan Menag Yaqut Cholil Qoumas di peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, melansir laman Kemenag, Kamis (25/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyatakan, semoga langkah-langkah tersebut gayung bersambut diikuti dengan menguatnya kepedulian dan tumbuhnya cinta guru, demi terwujudnya generasi cerdas bermartabat," lanjut Ali Ramdahni.

Dia berharap tema HGN 2021 yakni Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri tidak hanya berhenti menjadi jargon, tetapi mewujud-nyata dalam ekosistem pendidikan agama dan keagamaan.

"Mari kita laksanakan bersama-sama untuk menggapai cita-cita luhur bangsa, mencerdaskan anak negeri. Guru hebat, siswa cerdas dan madrasah bermartabat," tutur dia.

Baca juga: Peran Utama Guru Masih Tetap Sama agar Anak-anak Terdidik

Upacara HGN di lapangan Kantor Kemenag pagi itu diawali dengan pengibaran bendera dan diikuti terbatas oleh ASN Kemenag dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.