Kompas.com - 15/11/2021, 12:58 WIB
Jesica Ivani Febrina siswa Kelas 8D SMPN 1 Yogyakarta mengerjakan tugas dengan bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek. DOK.SMPN 1 YogyakartaJesica Ivani Febrina siswa Kelas 8D SMPN 1 Yogyakarta mengerjakan tugas dengan bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek.
|

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, bantuan kuota Kemendikbud Ristek kembali digulirkan. Tentu, kuota internet itu sangat bermanfaat bagi siswa, guru, mahasiswa serta dosen.

Kali ini atau periode November, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyalurkan bantuan kuota data internet kepada 21,29 juta pengguna.

Menurut Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, bantuan kuota Kemendikbud menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Salurkan Kuota Gratis ke 21,29 Juta Penerima

"Semoga para peserta didik, guru-guru, dosen, dan mahasiswa memanfaatkan bantuan kuota ini secara maksimal untuk membantu proses belajar mengajar," ungkap Nadiem Makarim dari keterangan tertulisnya pada Sabtu (13/11/2021).

Adapun besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 GB/bulan dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB/bulan.

Sedangkan untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB/bulan. Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 GB/bulan.

"Masa berlaku kuota data internet ini berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima," ujar Nadiem.

Bantuan kuota internet diteruskan

Terkait kuota data Kemendikbud Ristek, Kepala SMPN 1 Yogyakarta Y. Niken Sasanti menyatakan bahwa bantuan kuota internet tersebut sangat bermanfaat.

Terutama untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ), serta bagi guru maupun siswa yang belum berlangganan internet (wifi) di rumahnya.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Keahlian yang Harus Dimiliki Pemimpin

"Program ini sangat bagus, menunjukkan kepedulian pemerintah kepada guru dan siswa-siswa di Indonesia. Saya berharap bantuan kuota internet ini bisa diteruskan," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.