Kompas.com - 14/11/2021, 08:44 WIB
|

KOMPAS.com - Pernahkah siswa SMP punya angan-angan menjadi seorang pemimpin? Jika iya, maka kamu harus benar-benar mewujudkannya kelak. Tapi, kamu juga butuh skill seorang pemimpin.

Tapi, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan kepemimpinan? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (12/11/2021), ini penjelasannya.

Menurut George Terry yang dikenal sebagai “Bapak Ilmu Manajemen Modern”, kepemimpinan adalah kegiatan memengaruhi orang lain agar bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tercapainya tujuan bersama.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Danau Terbesar Indonesia yang Indah

Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah karena harus mampu mengatur setiap anggotanya menjalankan tugas dan perannya masing-masing.

Tentunya dibutuhkan kemampuan-kemampuan tertentu untuk bisa mengelola tim atau organisasi yang dipimpin.

Agar dapat mengatur anggotanya dengan baik, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki seorang pemimpin adalah kecakapan dalam berkomunikasi.

Komunikasi yang dimaksud sendiri tidak hanya sekadar bisa berbicara, namun terdapat juga hal-hal lainnya. Seperti apa keahlian komunikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin?

Berikut ini 3 keahlian yang harus dimiliki pemimpin:

1. Mendengarkan

Pernah tahu sebuah pepatah yang mengatakan mendengar sebelum berbicara? Hal ini benar adanya.

Komunikasi paling mendasar bagi seorang pemimpin adalah mendengarkan. Seorang pemimpin yang hebat perlu menjadi pendengar yang baik untuk setiap anggotanya.

Baca juga: Siswa, Ini Asal-usul Bahasa Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.