Kompas.com - 15/11/2021, 10:59 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Tangkapan layar akun Instagram Pemkot BogorWali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.
|

KOMPAS.com - Pelajar atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri punya banyak peran strategis. Salah satunya multi talenta diplomasi.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Dr. Bima Arya pada Webinar Kebangsaan dengan tajuk “Meneguhkan Semangat Idealisme Pendidikan melalui Diplomasi Pendidikan”.

Webinar digelar oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan Amerika dan Eropa (PPIDK Amerop) beberapa hari yang lalu. Tujuannya agar mendapatkan wawasan tentang pentingnya idealisme pendidikan bagi generasi muda Indonesia.

Baca juga: PPI Dunia Teliti Jalur Rempah di Simposium Amerika-Eropa 2021

Efektif kurangi kunjungan ke luar negeri

Menurut Bima, dengan keahlian, idealisme, dan keilmuan yang dimiliki, para pelajar itu mampu berperan dalam berbagai proses multitrack diplomacy.

"Sejak 7 tahun yang lalu, pemerintah Bogor telah melakukan inovasi yang cukup progresif. Meminta bantuan pelajar Indonesia di luar negeri, membuat tulisan ilmiah terkait berbagai isu atau permasalahan tertentu, lalu kemudian mereka diberikan reward," ungkap Bima seperti dikutip dari keterangan tertulis PPIDK Amerop, Senin (15/11/2021).

"Cara ini diyakini jauh lebih produktif dibandingkan dengan kunjungan kerja yang seringnya menghabiskan anggaran yang sangat banyak," imbuh Bima.

Webinar juga menghadirkan H.E. Mr. M. Chandra Widya Yudha (Duta Besar RI untuk Serbia merangkap Montenegro), dan H.E. Mr. A.H. Dimas Wahab (Duta Besar RI untuk Hongaria).

Menurut Dimas Wahab, saat ini, dunia telah melihat Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar. Terlebih yang paling penting adalah dalam hal pendidikan.

Saat ini pemerintah masih terus berusaha melakukan upaya lobi dan diplomasi untuk meningkatkan jumlah penerima beasiswa bagi anak Indonesia di luar negeri.

Baca juga: Desa Terang Desa Internet, Inisiasi PPI Dunia Hadirkan Internet Daerah 3T

"Jumlah penerima beasiswa Indonesia di Hungaria saat ini terus meningkat setiap tahunnya," tegas H.E. Dimas Wahab.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.