Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, 10 Provinsi Peraih Medali Terbanyak Kompetisi Sains Nasional 2021

Kompas.com - 12/11/2021, 17:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Timur dipastikan menjadi juara umum Kompetisi Sains Nasional 2021 dengan raihan 29 emas, 29 perak, 25 perunggu. Prestasi Jawa Timur ini diikuti oleh DKI Jakarta, dan Jawa Barat yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

"Saya sungguh berbahagia dapat menyapa para siswa terbaik, bertalenta di bidang Sains yang ikut serta dalam Kompetisi Sains Nasional Tahun 2021," ujar Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud Ristek Jumeri dalam penutupan KSN 2021 yang berlangsung pada 12 November 2021.

"Selamat kepada kalian yang selalu berjuang, bersemangat belajar dan membangun atmosfer positif untuk terus berprestasi walaupun masih berada dalam situasi pandemi dan keterbatasan," ungkap Jumeri bangga.

Dirjen PAUD Dikdasmen dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pandemi menjadi momen bersama untuk lebih mendengarkan sains.

"Pelajaran sains yang diberikan kepada para siswa mestinya diberikan bukan dengan cara teoritis tetapi diberikan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan riil. Bahwa, sains adalah suatu yang punya benefit yang tangible di dunia nyata," tegas Jumeri.

Jumeri menilai, melalui KSN peserta sesungguhnya diajak bukan hanya untuk adu kompetensi di bidang sains, tapi diajak untuk menjelajah lebih dalam lagi tentang manfaat, keindahan dibalik kerumitan sains.

Untuk itu, Jumeri mengajak seluruh pihak membangun paradigma baru di dunia pendidikan, di mana fokus pendidikan perlu diarahkan kepada kreativitas, computational logics, dan juga fokus kepada berkarya.

Baca juga: Hari Pahlawan, KSN 2021 Ajak Siswa Jadi Pahlawan Sains Zaman Now

"Yang perlu digali lebih lanjut adalah sains tidak hanya kita pelajari secara teoretis, tapi tentang bagaimana sains akan membantu kehidupan manusia. Saya berharap adik-adik dapat terus bersemangat, terus termotivasi untuk menjadi generasi-generasi hebat di bidang sains," pesan Jumeri.

10 Provinsi Peraih Medali Terbanyak KSN 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com