Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 10:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com -  Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang SMA/MA yang berlangsung tanggal 13-16 September 2021 berjalan lancar dan diiikuti 20 ribu lebih siswa dari 34 provinsi dan juga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Untuk pertama kalinya di tingkat provinsi sistem daring, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggunakan metode proktoring (pengawasan) aplikasi zoom untuk menjaga kualitas pelaksanaan seleksi KSN-P.

Proktoring merupakan sebuah sistem pengawasan daring yang dilakukan dengan cara merekam aktivitas yang dilakukan oleh peserta ujian, baik layar komputer/gawai yang digunakan, maupun wajah peserta ujian.

Pihak Puspresna menjelaskan, sistem proktoring diaplikasikan pada KSN 2021 tingkat provinsi dengan tujuan memberikan kesempatan dan perlakuan sama kepada semua peserta di manapun mereka berada tinggal kegigihan dan keberhasilan mereka masing.

Selain itu, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan rasa aman dan percaya diri kepada semua peserta, mendidik peserta KSN-P agar tetap jujur berkompetisi, untuk berprestasi dan mempunyai integritas yang tinggi.

Dalam sistem proktoring KSN-P 2021, setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat pelaksanaan berlangsung yang akan diawasi melalui zoom oleh tim panitia KSN.

Baca juga: Dari Papua hingga Singapura, 20.577 Siswa SMA Ikuti KSN 2021 Provinsi

Prestasi dengan integritas

"Kita percaya sepenuhnya kepada adik-adik adalah generasi yang memiliki semangat untuk mewujudkan prestasi dengan penuh kebanggaan dan integritas," ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Puspresnas, Asep Sukmayadi (15/9/2021).

"Kita percaya dan kita tunggu adik-adik berprestasi terus di tingkat nasional untuk terus bisa lanjut mewujudkan mimpi adik-adik menjadi juara di tingkat Internasional. Selamat mengikuti, tetap sehat, tetap semangat, selamat berprestasi!" ujarnya.

Berkaca pada pelaksanaan tahun lalu, pelayanan KSN-P tahun 2021 mengalami performa yang lebih baik, tercatat total persentase kehadiran peserta dari 9 bidang studi pada saat mengikuti tes yaitu 97.2 persen dibandingkan tahun lalu hanya mencapai 91.7 persen.

Beberapa provinsi dengan siswa terbanyak dalam pelaksanaan KSN-P 2021, di antaranya:

  • Provinsi Jawa Timur: 1.3621 siswa
  • Provinsi Jawa Tengah: 1.235 siswa
  • Provinsi Sumatera Utara: 1.096 siswa

Bahkan, Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) mengirimkan 31 siswa Indonesia yang bersekolah di SILN Singapura, Ryadh, Jeddah, dan Mekkah.

Sebelum pelaksanaan, Puspresnas terlebih dahulu melakukan uji coba sistem daring. Uji coba dilaksanakan pada 6–10 September 2021. Dari uji coba tersebut, dilakukan perbaikan perbaikan agar saat pelaksanaan KSNP dengan sistem daring dapat berjalan lancar dan stabil.

Lancarnya pelaksanaan KSN tingkat provinsi ini merupakan kerja sama panitia pusat dan dinas pendidikan provinsi.

Selain itu, Layanan pengaduan juga disediakan oleh Puspresnas agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk dari masyarakat. Layanan pengaduan tersebut dapat diakses melalui berbagai media seperti media sosial Instagram, WhatsApp, maupun telegram.

Dari hasil KSN tingkat provinsi ini akan diseleksi wakil-wakil provinsi yang akan bertanding di KSN tingkat nasional. KSN tingkat nasional juga direncanakan berlangsung dengan format daring.

9 bidang lomba

Hal lain yang tak kalah penting yakni terkait dengan aspek kesehatan. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mewajibkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Tak terkecuali dengan penyelenggaraan KSN tahun ini. “Seluruh pihak yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan,” tegas Asep.

Tahun ini, KSN tingkat provinsi diikuti sebanyak 20.577 siswa dari seluruh Indonesia, yang terbagi ke dalam 9 bidang studi.

Rincian jumlah peserta dan bidang lomba dalam KSN 2021 tingkat provinsi jenjang SMA adalah sebagai berikut:

Baca juga: 57.845 Siswa SMP Antusias Ikut Seleksi Penyisihan KSN 2021 Tahap I

 

  • Bidang Matematika sebanyak 1.199 siswa
  • Bidang Fisika sebanyak 1.955 siswa
  • Bidang Kimia sebanyak 1.484 siswa
  • Bidang Informatika sebanyak 2.006 siswa
  • Bidang Biologi sebanyak 2.205 siswa
  • Bidang Astronomi sebanyak 2.766 siswa
  • Bidang Ekonomi sebanyak 2.960 siswa
  • Bidang Kebumian sebanyak 2.886 siswa
  • Bidang Geografi sebanyak 3.116 siswa
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com