Kompas.com - 08/11/2021, 18:35 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) menduduki peringkat ke-19 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hal itu berdasarkan pemeringkatan yang dirilis Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) 2022.

Sementara di Asia, USU menjadi yang terbaik di peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan yang dinilai.

Baca juga: 34 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

QS AUR 2022 pertama kali dirilis pada 2009.

Dalam pemeringkatan ini, digunakan sejumlah metodologi, yakni reputasi akademik berdasarkan survei global 30 persen, reputasi lulusan berdasarkan survei global 20 persen, dan rasio fakultas/mahasiswa 10 persen

Kemudian ada sitasi penelitian terindeks scopus 10 persen, jejaring penelitian internasional 10 persen, riset per fakultas yang terindeks scopus 5 persen, dan jumlah staf dengan gelar doktor 5 persen.

Lalu ada jumlah mahasiswa internasional 2,5 persen, proporsi mahasiswa pertukaran masuk 2,5 persen, serta proporsi mahasiswa pertukaran kelaur 2,5 persen.

QS Asia University Rankings menyoroti universitas-universitas top di Asia setiap tahun. Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings.

Rektor USU, Muryanto Amin mengatakan, untuk memantapkan program internasionalisasi USU melakukan pemetaan keunggulan universitas.

Ada lima keunggulan USU yang bisa dijadikan modal untuk memperbaiki peringkat USU ke depan, yaitu:

1. Agricultural and Biological Sciences.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.