Kompas.com - 30/10/2021, 14:27 WIB
UGM Raih Juara Umum di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2021 dok. UGMUGM Raih Juara Umum di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2021

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menjadi juara umum di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 yang berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-29 Oktober 2021.

UGM berhasil meraih sebanyak 54 medali. Sementara di posisi kedua dan ketiga secara berurutan diraih oleh IPB dan ITS.

Capaian ini membuat UGM mampu mempertahankan posisi sebagai juara bertahan Pimnas selama empat tahun berturut-turut sejak 2018.

Pimnas merupakan kompetisi bergengsi mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kemendikbudristek. Pimnas 2021 diikuti sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se-Indonesia.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Pimnas mempertandingkan sembilan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kesembilan kategori ini adalah PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, dan PKM-Karsa Cipta.

Berikutnya, kategori PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains, dan PKM-Riset Sosial.

Wakil Rektor UGM bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno mengatakan bahwa Pimnas menjadi ajang paling bergengsi dalam lomba-lomba ilmiah mahasiswa di tingkat nasional.

"Sejak tahun 2018 UGM berhasil menjadi Juara Umum Pimnas dan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan serta luar biasa karena baru pertama kalinya 4 kali Juara Umum," urainya, Sabtu (30/10/2021), seperti dirangkum dari laman UGM.

Ia mengatakan hasil yang diraih merupakan kerja bersama antara mahasiswa, dosen pendamping, dosen pembina, dan dukungan dari departemen, fakultas, pengelola laboratorium, universitas dan banyak pihak lainnya yang telah mendukung kontingen UGM di Pimnas 2021.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Untuk mempertahankan gelar juara, lanjut dia, UGM memperkuat komitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengekspresikan potensi ilmiah yang dimiliki dengan memberikan pembinaan secara kontinu, menyediakan infrastruktur pendukung kegiatan, serta dukungan penganggaran.

Dengan begitu para mahasiswa diharapkan dapat melakukan kajian ilmiah yang terarah sehingga mendukung kompetensi akademik sesuai bidang ilmu bahkan lintas keilmuan untuk menemukan solusi atas persoalan masyarakat dan bangsa.

"Mempertahankan gelar juara itu lebih sulit, namun mudah-mudahan tahun depan bisa kembali Juara Umum menjadi lima kali berturut," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.