Kompas.com - 18/10/2021, 14:59 WIB
Laboratorium Cloud Big Data di Gedung Jakob Oetama PK Ojong Lantai 11 Kampus UMN. DOK.UMNLaboratorium Cloud Big Data di Gedung Jakob Oetama PK Ojong Lantai 11 Kampus UMN.
|

KOMPAS.com - Industri 4.0 menuntut industri untuk mulai mendayagunakan teknologi komputer yang saling terintegrasi melalui jaringan internet.

Integrasi ini tentu mampu memberikan keputusan berdasarkan algoritma tanpa adanya keterlibatan manusia dan menjadikan industri bergerak dengan lebih cepat dan otomatis.

Bahkan berbagai perusahaan yang telah mengaplikasikan sistem ini mampu menguasai peluang pasar baru yang sangat besar.

Baca juga: Didukung Lingkungan Nyaman, UMN Siap Gelar Perkuliahan Hybrid

Merespon perkembangan teknologi ini, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bersama dengan Silla University Korea Selatan mendirikan KOICA-Silla-UMN 4th Industrial Revolution Technical Center (KSU_4IRTC).

Pelatihan untuk hasilkan spesialis

Koordinator Pengajar Program ini sekaligus Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UMN, Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc., memberikan penjelasan mengenai KSU_4IRTC.

KSU_4IRTC merupakan pusat pelatihan untuk menghasilkan para spesialis yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di bidang teknologi revolusi industri 4.0.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, kerja sama ini mendapatkan dana hibah untuk pendirian laboratorium dari The Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang merupakan organisasi pemerintah yang didirikan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Adapun targetnya ialah generasi muda untuk bergabung dan mampu memiliki kompetensi industri 4.0. Program ini melibatkan Dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) UMN sebagai tenaga pengajar dengan kurikulum dari Silla University.

Baca juga: Webinar UMN: Pandemi Timbulkan Banyak Tantangan dalam Komunikasi Digital

Dalam program ini, Infrastruktur juga dibangun dalam dalam bentuk laboratorium yang berlokasi di Gedung Jakob Oetama PK Ojong Tower lantai 11 kampus UMN.

Lebih lanjut lagi, proyek ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian SDM dalam smart factory, big data dan cloud enginering yang diperlukan oleh industri saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.