Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan SDM Unggul Pascapandemi, ITC Gelar "Leadership Seminar 2021"

Kompas.com - 18/10/2021, 12:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masa pandemi global Covid-19 yang berjalan hampir 20 bulan memunculkan tantangan baru dalam pembangunan SDM unggul. Dibutuhkan adaptasi dan inovasi, agar penguatan kompetensi SDM tidak mengalami stagnasi.

Inilah yang mendorong, International Test Center (ITC), secara konsisten menghadirkan seminar kepemimpinan yang telah memasuki tahun ke-11 untuk dapat mengolaborasi tiga pemangku kepentingan (Pemerintah, Industri dan Pendidikan).

“Untuk tahun 2021, kami mengambil tema 'Membangun Tenaga Kerja yang Siap Masa Depan untuk Dunia Pasca-Covid' paling tepat waktu. Kami semua harus belajar, beradaptasi, dan banyak berubah dalam 20 bulan terakhir,” ungkap Victor Chan, CEO ITC pada pembukaan "ITC Virtual Leadership Seminar 2021" (14/10/2021).

Asesmen meningkat di masa pandemi

Victor Chan menambahkan saat ini kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Banyak Pemerintah dan pihak berwenang sudah mengakui bahwa Covid-19 adalah penyakit endemik dan kita semua harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

"Yang paling bijaksana adalah mendorong warganya untuk melakukan bagian mereka untuk hidup dan beroperasi dengan aman di endemik ini, dan tidak selalu menunggu solusi, bantuan, atau instruksi dari mereka," ujar Victor.

“Masing-masing dari kita harus melakukan bagian kita untuk berkontribusi pada kampanye sukarela ini untuk berbagi, bertukar, dan berkolaborasi. Inilah yang dimaksud dengan Seminar Kepemimpinan ITC,” tegas Victor Chan.

Narasumber utama, Executive Director TOEIC Global Management, Feng Yu menegaskan kemampuan komunikasi, khususnya Bahasa Inggris justru semakin dibutuhkan dalam menghadapi disrupsi teknologi dan pandemi.

Baca juga: Meningkatkan SDM Unggul dan Berkarakter lewat Pengembangan Talenta Terintegrasi

"Satu sisi meski travelling global mengalami penurun, arus informasi secara daring untuk pekerjaan maupun pendidikan justru mengalami peningkatan hingga 48 persen," ungkap Feng Yu.

Feng Yu juga mengungkapkan, permintaan digital test TOEIC secara global juga mengalami peningkatan secara signifikan untuk beragam organisasi seperti; institusi pendidikan, korporasi, pemerintahan, militer, hingga untuk kebutuhan keamanan nasional.

Feng Yu menyampaikan, asesmen skor TOEIC masih menjadi acuan banyak pihak karena TOEIC selalu berkomitmen menjaga konsistensi dan akurasi dalam penilaian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com