Kompas.com - 18/10/2021, 10:54 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan pengumuman hasil seleksi guru honer Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama secara daring (8/10/2021). DOK. KEMENDIKBUD RISTEKMendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan pengumuman hasil seleksi guru honer Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama secara daring (8/10/2021).

KOMPAS.com - Seleksi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Tahap 2 akan segera dimulai awal November mendatang.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemedikbud Ristek), Nadiem Makarim menyatakan sebanyak 173.329 guru honorer dinyatakan lolos ujian seleksi pertama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021.

Nadiem menyampaikan bahwa masih masih ada ronde kedua dan ketiga di tahun 2021 bagi guru honorer yang belum lulus seleksi PPPK Guru Tahap 1 2021.

"Kepada para peserta yang belum lulus, jangan berkecil hati. Tetap semangat karena ujian seleksi kesempatan kedua dan ketiga masih sangat terbuka. Fokuskan energi dan konsentrasi untuk berusaha lebih baik lagi," papar Nadiem saat pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru Tahap 1 beberapa waktu lalu.

Baca juga: 3 Keuntungan bagi Guru Honorer bila Menjadi Guru PPPK 2021

Mekanisme ujian Seleksi PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, mengimbau para guru menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak lama, lagi ujian seleksi kedua akan datang pada 8–11 November depan. Gunakanlah waktu semaksimal mungkin," tutur Nunuk pada Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar Episode 11 yang digelar Kemendikbud Ristek dengan tema “Guru Belajar dan Berbagi Sukses Seleksi ASN PPPK” secara daring, seperti dilansir dari laman GTK.

Seleksi Tahap 2, diakui Nunuk, terbuka bagi para guru untuk berkompetisi seluruhnya.

“Afirmasi untuk sekolah induk hanya diberikan di ujian tahap 1. Sedangkan ujian tahap 2 sudah terbuka berkompetisi seluruhnya dan dilihat nilai tertingginya. Baik guru induk atau noninduk, lulusan guru PPG, individu yang memiliki sertifikat guru, dan belum mengajar. Seleksi kedua boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan,” terang Nunuk.

Baca juga: Cerita Para Guru Honorer Lulus PPPK 2021, Berlatih Soal hingga Rajin Baca

Mekanisme ujian Seleksi PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021, dipastikan Nunuk, masih sama dengan seleksi tahap 1.

“Bagi peserta yang belum maupun sudah lulus melewati NAB tetapi belum mendapat formasi, silakan daftar lalu memilih formasi lagi di SSCN BKN,” ujar Nunuk memaksudkan Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), suatu portal digital resmi pendaftaran ASN secara nasional.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.