Kompas.com - 01/10/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi pemuda. Sekelompok anak muda memegang bendera merah putih di puncak gunung, menatap matahari terbit. SHUTTERSTOCK/TRIAWANDA TIRTA ADITYAIlustrasi pemuda. Sekelompok anak muda memegang bendera merah putih di puncak gunung, menatap matahari terbit.
|

KOMPAS.com - Pemerintah saat ini terus mendorong percepatan digital di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, penting sekali pemuda punya kecakapan digital.

Terkait hal itu, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) bekerja sama dengan U.S Consulate General Surabaya bakal mengadakan kegiatan penguatan kecakapan digital untuk pemuda Indonesia Timur.

Adapun lima wilayah itu yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan dengan program Empowering Eastern Indonesia Youth in Digital World.

Baca juga: Pakar Unpad: Generasi Milenial Perlu Kuasai Literasi Digital

Menurut Kordinator Tim Media Japelidi, Frida Kusuma, program ini didanai oleh Dana American Spaces Support Fund 2021 dengan Kategori Countering Disinformation/ Media Literacy yang dikelola Kantor Program MyAmerica Surabaya (America Center).

Adapun peluncuran program Empowering Eastern Indonesia Youth in Digital World diselenggarakan pada Sabtu (2/10/2021) pukul 10.00–12.00 secara daring.

Untuk pembicaranya ialah I Gusti Agung Putri Astrid Kartika (Staf Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Dr. Devie Rachmawati (Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Kominfo), Ni Made Ras Amanda G (Kordinator Program – Universitas Udayana Bali) dan Christian Namado Simanullang (MyAmerica Surabaya).

"Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 6 bulan, mulai dari 15 September 2021 sampai 28 Februari 2022," ujar Frida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/10/2021).

Dijelaskan, dalam pelaksanaannya akan diadakan secara luring dan daring dengan serangkaian kegiatan penunjang, antara lain:

  • FGD
  • workshop pembuatan modul pelatihan
  • pembuatan website dan peta literasi digital
  • diseminasi dan pelatihan
  • kompetisi
  • pemantauan dan evaluasi di beberapa provinsi di Indonesia Timur.

"Peningkatan kompetensi literasi digital akan mengacu pada 10 kompetensi literasi digital yang telah dibuat oleh Japelidi," jelasnya.

Adapun tujuan akhir dari kegiatan ini dengan melihat 5 topik besar yakni:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.