Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda 5 Wilayah Indonesia Timur Didorong Jadi Penggerak Literasi Digital

Kompas.com - 01/10/2021, 15:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah saat ini terus mendorong percepatan digital di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, penting sekali pemuda punya kecakapan digital.

Terkait hal itu, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) bekerja sama dengan U.S Consulate General Surabaya bakal mengadakan kegiatan penguatan kecakapan digital untuk pemuda Indonesia Timur.

Adapun lima wilayah itu yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan dengan program Empowering Eastern Indonesia Youth in Digital World.

Baca juga: Pakar Unpad: Generasi Milenial Perlu Kuasai Literasi Digital

Menurut Kordinator Tim Media Japelidi, Frida Kusuma, program ini didanai oleh Dana American Spaces Support Fund 2021 dengan Kategori Countering Disinformation/ Media Literacy yang dikelola Kantor Program MyAmerica Surabaya (America Center).

Adapun peluncuran program Empowering Eastern Indonesia Youth in Digital World diselenggarakan pada Sabtu (2/10/2021) pukul 10.00–12.00 secara daring.

Untuk pembicaranya ialah I Gusti Agung Putri Astrid Kartika (Staf Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Dr. Devie Rachmawati (Tenaga Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Kominfo), Ni Made Ras Amanda G (Kordinator Program – Universitas Udayana Bali) dan Christian Namado Simanullang (MyAmerica Surabaya).

"Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 6 bulan, mulai dari 15 September 2021 sampai 28 Februari 2022," ujar Frida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/10/2021).

Dijelaskan, dalam pelaksanaannya akan diadakan secara luring dan daring dengan serangkaian kegiatan penunjang, antara lain:

  • FGD
  • workshop pembuatan modul pelatihan
  • pembuatan website dan peta literasi digital
  • diseminasi dan pelatihan
  • kompetisi
  • pemantauan dan evaluasi di beberapa provinsi di Indonesia Timur.

"Peningkatan kompetensi literasi digital akan mengacu pada 10 kompetensi literasi digital yang telah dibuat oleh Japelidi," jelasnya.

Adapun tujuan akhir dari kegiatan ini dengan melihat 5 topik besar yakni:

1. Meningkatkan keterampilan mengoperasikan perangkat digital secara efektif.

2. Literasi media.

3. Berkomunikasi dan berkolaborasi di ruang digital.

4. Lawan konten negatif.

5. Mengelola informasi digital dengan tepat.

Baca juga: Literasi Digital, Ini Cara Lindungi Data Diri agar Tak Disalahgunakan

Diharapkan pemuda di lima wilayah Indonesia Timur dapat menjadi agen penggerak literasi digital yang memiliki kompetensi literasi digital yang komprehensif.

Tentu untuk mengoptimalkan manfaat penggunaan perangkat digital dan meminimalisir efek negatif yang timbul dari penggunaan media digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com