Berbagi Semangat untuk Bangkit, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2021 Resmi Dibuka

Kompas.com - 20/09/2021, 20:24 WIB

KOMPAS.com - Mengusung tema " Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih", Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau KOSN 2021 resmi dibuka pada hari ini, Senin, 20 September 2021.

KOSN merupakan rangkaian lomba yang dilaksanakan secara daring, dan diikuti oleh peserta didik jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Khusus. KOSN dilaksanakan serentak tanggal 20-26 September 2021. 

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi dalam sambutan pembukaan menyampaikan KOSN merupakan pengejawantaan amanat Presiden Joko Widodo untuk menjadikan olahraga sebagai program prioritas pemerintah.

"Sejalan hal tersebut, walau masih dalam situasi pandemi, Puspresnas akan terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan program pembinaan prestasi olahraga peserta didik, antara lain melalui Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN)," ungkap Asep Sukmayadi.

Kepala Puspresnas menambahkan, "tahun depan program ini akan dikembangkan secara lebih terintegrasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat."

Lebih jauh ia menegaskan KOSN dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki sikap nilai-nilai luhur, saling menghormati, menghargai keunggulan orang lain, bersahabat, serta sportif.

Baca juga: Membanggakan, 5 Siswa Berkebutuhan Khusus Raih Prestasi di Kompetisi Rias Internasional

Ragam cabang olahraga untuk jenjang SD-SMA

Seleksi KOSN tahun 2021 telah dilaksanakan mulai dari tingkat provinsi dengan mekanisme pendaftaran online dan terbuka bagi seluruh sekolah di Indonesia.

Adapun jumlah siswa yang mendaftar pada seleksi provinsi tersebut berjumlah 4.033 siswa SD dan SMP serta 3.269 siswa SMA dan SMK. Untuk Pendidikan khusus tidak melakukan seleksi tingkat provinsi.

Dalam masa pandemi ini, KOSN tingkat nasional dilaksanakan secara daring dengan cabang olahraga dan jumlah peserta pada setiap jenjang sebagai berikut:

Cabang olahraga pencak silat:

  • Jenjang SD: 198 Siswa
  • Jenjang SMP: 199 Siswa
  • Jenjang SMA: 132 Siswa
  • Jenjang SMK: 124 Siswa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.