Kompas.com - 08/09/2021, 20:19 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Humas Kementerian AgamaMenteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan anggaran terkait tunjangan sertifikasi dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) swasta sudah tersedia.

Kementerian Agama sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 63.805.687.000 untuk mengatasi persoalan pembayaran tunjangan tersebut.

Persoalan pembayaran tunjangan sertifikasi dosen PTKI swasta tahun 2019 hingga 2020 akhirnya mulai menemukan titik terang.

"Alhamdulillah, masalah tunggakan sertifikasi dosen PTKI Swasta 2019-2020 sudah ada solusi," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta seperti dikutip dari laman Pendis Kemenag, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Dosen UNS Khawatirkan Glorifikasi Bebasnya Saipul Jamil oleh Media

Tunjangan sertifikasi dosen PTKI swasta siap dicairkan

Menteri Agama memastikan anggaran sebesar Rp 63.805.687.000 sudah ada. Anggaran ini, lanjut Menteri, sudah dapat diproses pencairannya oleh satker masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pembayaran tunggakan ini dapat dicairkan setelah sebelumnya dilakukan review oleh BPKP dan Itjen serta dilakukan revisi dan buka blokir," ungkap Menteri Agama.

Yaqut Cholil Qoumas mengaku kerap mendapat keluhan dari dosen swasta terkait tunggakan pembayaran sertifikasi bagi dosen swasta yang belum dibayarkan.

Dalam hal ini, pihaknya berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan dengan mengalokasikan anggaran untuk pembayaran tunggakan sertifikasi dosen swasta. Terkait pemenuhan hak-hak individual, Kementerian Agama sangat konsen.

"Apalagi hak dosen yang memiliki fungsi, peran dan tugas yang sangat strategis dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan, sehingga perlu diperhatikan kesejahteraanya," imbuhnya.

Baca juga: Jurusan Kuliah bagi Kamu yang Suka Berhitung hingga Travelling

Menteri agama meminta pencairan dipercepat

Menteri Agama meminta agar seluruh pimpinan satuan kerja yang bertanggung jawab bisa segera mempercepat pencairan anggaran sesuai mekanisme dan regulasi keuangan yang berlaku.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.