Kompas.com - 08/09/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi pemuaian zat padat, cair, dan gas britannica.comIlustrasi pemuaian zat padat, cair, dan gas
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP pasti mempelajari peristiwa pemuaian benda. Ada banyak sekali peristiwa pemuaian yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah pemuaian sendiri mempunyai arti peristiwa pembesaran ukuran benda yang disebabkan kenaikan suhu. Pemuaian disebabkan karena meningkatnya suhu panas di sekeliling atau pada benda.

Selain pemuaian terdapat pula penyusutan, yaitu mengecilnya ukuran suatu benda karena turunnya suhu.

Melansir laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (8/9/2021), salah satu contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari yakni pada kabel di tiang listrik yang terlihat memanjang hingga menjuntai atau memendek sehingga terlihat mengencang.

Peristiwa ini dapat terjadi akibat adanya pengaruh suhu pada suatu benda.

Peristiwa itu dinamakan pemuaian dan penyusutan. Pemuaian diakibatkan karena pengaruh suhu tinggi sedangkan penyusutan dipengaruhi karena suhu rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Unik, Mahasiswa Unesa Olah Ekstrak Daun Pisang Jadi Lotion Aromaterapi

Pada peristiwa pemuaian ini, benda bisa berubah bentuknya menjadi bertambah panjang, lebar, luas, ataupun berubah volumenya. 

Dilihat dari bentuk zatnya, terdapat tiga macam pemuaian yaitu pemuaian zat padat, pemuaian zat cair, dan pemuaian zat gas. Yuk pelajari bersama pemuaian pada zat yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemuaian zat padat

Partikel-partikel zat padat selalu bergerak (bergetar). Apabila zat padat menerima energi panas, gerakan partikel semakin cepat sehingga memerlukan ruangan antara partikel yang lebih besar.

Jarak antara partikel pun juga semakin membesar, pada akhirnya membuat zat padat tersebut memuai, bertambah panjang, bertambah luas dan akhirnya bertambah volumenya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.