Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Bagaimana Motivasi Guru Mengajar?

Kompas.com - 04/09/2021, 09:15 WIB
Siswa-siswi kelas I SDN Kepanjenlor-2 Kota Blitar mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (22/3/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANISiswa-siswi kelas I SDN Kepanjenlor-2 Kota Blitar mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (22/3/2021)

Oleh: Melia Afriani (*) dan Rahmah Hastuti (**)

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum kunjung usai, bahkan pada tanggal 24 Agustus 2021, dilansir dari Worldometer total kasus Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia masih berada di angka 3.989.060.

Tingginya angka Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah Indonesia memberikan kebijakan mengenai perpanjangan kegiatan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Salah satu bentuk kebijakan PPKM adalah kegiatan belajar mengajar wajib dilakukan secara online atau daring.

Selama memberikan pengajaran secara online, beberapa tantangan dan hambatan harus dihadapi guru, mulai dari jaringan atau gangguan internet, kesulitan memberikan pembelajaran tepat sasaran, hingga kesulitan dalam penilaian siswa, baik penilaian sikap maupun akademik.

Bagi seorang guru dapat bertahan memberikan pengajaran yang optimal dalam situasi pandemi saat ini, tentu dibutuhkan kembali motivasi dalam mengajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Motivasi mengajar mengacu pada pikiran dan perasaan guru untuk terlibat dalam pengajaran (Roth et al, 2007). Para guru dalam menghadapi persiapan menuju PTM perlu mengidentifikasi kembali motivasi mengajarnya.

Oleh karena bertemu secara langsung, secara fisik dan berinteraksi langsung melibatkan berbagai pola pikir, perasaan serta sosial emosional untuk terlibat dalam pengajaran yang sangat berbeda dibandingkan dengan pertemuan secara virtual.

Baca juga: Kemenag Keluarkan Panduan PTM Terbatas bagi Madrasah dan Pesantren

Dampak dari PJJ

Dalam penelitian yang penulis lakukan mengenai “Gambaran Motivasi Mengajar Guru Tingkat Sekolah menengah Pertama (SMP) di Masa Pandemi Covid-19” ditemukan terdapat guru yang mengalami penurunan motivasi mengajar serta tidak termotivasi memberikan pengajaran selama masa pandemi.

Apa saja penyebabnya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.