Kompas.com - 30/08/2021, 05:07 WIB
|

KOMPAS.com - Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) mengembangkan alat bantu bagi tunarungu. Adapun alat tersebut mampu membantu menerjemahkan bahasa isyarat.

Tim mahasiswa UPN Jogja tersebut beranggotakan Sandy Wahyu Agusta (Informatika 2019), Muhammad Rifqy (Informatika 2020), Nisrina Athiyya Zain (Informatika 2020), Astri Hastiningrum (Ilmu Komunikasi 2019), dan Lisa Firdaus Siti Nurjanah (Ilmu Komunikasi 2019).

Mereka mampu mengembangkan alat Integrated Glasses with Smart Voice Recognition and Gestures Translation to Communicate with Deaf People.

Baca juga: Mahasiswa UGM Teliti Ekstrak Daun Selasih Jadi Obat Anti Hipertensi

Tim Gloudeaf sendiri menjadi perwakilan UPN Jogja dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-KC) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek.

Ketua Tim Gloudeaf, Sandy Wahyu Agusta mengatakan timnya sudah mengembangkan dua perangkat berbentuk kacamata pintar atau Smart Glasses.

Perangkat pertama digunakan untuk penyandang tunarungu dan perangkat kedua digunakan untuk teman dengar.

Dijelaskan, perangkat ini berupa sebuah kacamata yang mampu mengubah bahasa isyarat menjadi sebuah teks agar dapat dipahami oleh lawan bicara penyandang tunarungu.

"Sedangkan perangkat yang lain berupa sebuah kacamata yang mampu mengubah suara menjadi sebuah teks agar dapat dibaca dan dipahami oleh penyandang tunarungu," ujarnya seperti dikutip dari laman UPN Jogja, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, alat ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi deep learning berupa Convolutional Neural Network (CNN) dan Voice Recognition.

Serta menggunakan katalog bahasa isyarat American Sign Language (ASL) agar dapat mengubah suara menjadi teks dan menerjemahkan bahasa isyarat ke dalam teks.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.