Kompas.com - 26/08/2021, 09:51 WIB
Ilustrasi pajak adalah Pixabay/StevepbIlustrasi pajak adalah

KOMPAS.com - Materi perpajakan kerap ditemui di pelajaran SMA dan perguruan tinggi. Namun, ada terobosan baru dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Kali ini, materi perpajakan mulai diberikan kepada siswa SD, SMP dan SMA. Hal ini, diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Mata pelajaran yang berhubungan dengan pajak, kini dalam proses penyusunan dengan kementerian terkait, yakni Kemendikbud Ristek. 

"Kita termasuk dalam proses penyusunan agar dari mulai tingkat SD, SMP, dan SMA akan dilakukan mata ajaran yang berhubungan dengan pajak dan perpajakan," kata Sri Mulyani dilansir dari laman Youtube Direktorat Jenderal Pajak.

Baca juga: Fitur Ini Bantu Siswa SD-SMA Pecahkan Soal Matematika, Fisika, Kimia

Ia menyebutkan, bahan ajar dan materi pendidikan soal pajak berguna untuk menanamkan pemahaman kepada generasi muda mengenai pentingnya pajak agar anak muda bakal menjadi pelopor-pelopor patuh pajak.

Sejauh ini, Kemendikbud Ristek terus memasukkan pendidikan soal dalam buku-buku pendidikan dasar menengah dalam kurikulum pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami senang bahwa kita akan memulai dengan kegiatan piloting atau uji coba. Generasi muda saat ini tentu adalah generasi penerus, mereka yang akan meneruskan pembangunan dan proses terus memajukan negara Indonesia hari ini dan ke depan," ucap Sri Mulyani.

Kebijakan ini merupakan salah satu bagian dari program inklusi kesadaran pajak. Program ini menurutnya bertujuan agar generasi muda memahami dan dapat menjaga negaranya sendiri melalui kesadaran pajak.

"Edukasi, sosialisasi, pemahaman mengenai pajak harus dilakukan bahkan sejak dini," katanya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani juga berharap agar Kementerian Agama segera menerapkan pembelajaran perpajakan di perguruan tinggi.

Baca juga: Pentingnya Kuasai Matematika untuk Kehidupan, Siswa Wajib Tahu

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.