Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Luncurkan MUI Academy, Platform Pelatihan bagi Mahasiswa hingga Pencari Kerja

Kompas.com - 20/08/2021, 20:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Makara UI (MUI) Academy bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. MUI Academy merupakan platform pelatihan yang dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

MUI Academy menawarkan tiga program bagi penggunanya, yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah memaparkan menurut data Badan Pusat Statistik pada Februari 2021, dari total 35,8 juta orang angkatan kerja muda berusia 15-29 tahun, sekitar 15,08 persen memiliki pendidikan tinggi.

Sedangkan dari total 102.06 juta orang angkatan kerja berusia 30 tahun ke atas, hanya sekitar 12,24 persen yang pernah mengenyam pendidikan tinggi.

Menurutnya, kondisi ini mengindikasikan pendidikan tinggi telah berhasil menghasilkan mobilitas sosial vertikal antar generasi. Menjadikan generasi muda secara umum memiliki tingkat pendidikan yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Mahasiswa, 10 Pekerjaan Ini Banyak Dibutuhkan di Era New Normal

Untuk itu, keberadaan akses pendidikan yang inklusif seperti MUI Academy dinilainya menjadi penting, agar masyarakat dapat mengakses pendidikan tinggi bersertifikat tanpa harus melalui proses yang panjang dan berbelit.

Sementara itu, Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan dalam kata sambutan bahwa MUI Academy adalah bentuk adaptasi UI terhadap perubahan di era transformasi digital yang terjadi pada 3-5 tahun terakhir ini.

Program ini juga salah satu perwujudan komitmen UI dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka pemerintah.

“Kami bercita-cita MUI Academy dapat menjadi referensi utama dalam pengembangan kapabilitas sumber daya manusia melalui materi berkualitas, sehingga dapat memberikan nilai tambah terbaik dalam membangun insan Indonesia yang berkaliber dan berkarakter,” ujar Ari.

Pelatihan bersertifikat

MUI Academy menawarkan tiga program bagi penggunanya, yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi.

Baca juga: 5 Profesi yang Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja tapi Minim Pelamar

Dalam program e-learning peserta akan mendapatkan video pembelajaran, kuis, sesi mentoring dengan trainer, dan e-certificate.

Sedangkan program uji kompetensi adalah ujian daring yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yang sudah mendapat pelatihan cukup terkait bidang profesi yang ia tekuni.

Bila seseorang sudah mengikuti uji kompetensi, maka ia akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP UI yang terlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Direktur PT Daya Makara UI, Fakhrudin mengatakan modul-modul pembelajaran MUI Academy disusun dengan menargetkan segenap lapisan masyarakat, meliputi segmen anak-anak, remaja, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pencari kerja, sampai kepada para Pegawai Negeri Sipil.

“Dalam beberapa tahun ke depan sudah direncanakan 48 modul pelatihan bersertifikasi nasional antara lain Public Relations Officer, Office Executive Administration Assistant, Pemandu Wisata, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Welding Training, dan banyak pelatihan lain sesuai kompetensi yang dimiliki UI,” ujarnya seperti dirangkum dari laman Universitas Indonesia, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Saat ini, MUI Academy sedang membuka pendaftaran program bundling bagi program pelatihan Public Relations Officer dan Office Executive Administration Assistant.

Pendaftaran untuk kedua program telah dibuka dari tanggal 18 – 31 Agustus 2021. Setelah pendaftaran, kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan pada periode 1 September-31 Oktober 2021.

Bagi mereka yang ingin mendaftar untuk mengikuti program sertifikasi nasional dari LSP UI terlisensi BNSP, pendaftaran akan dibuka 1-5 November 2021.

Setelahnya Uji Kompetensi akan dilaksanakan pada periode 8-12 November 2021. Semua informasi pendaftaran tersebut dapat diakses pada laman https://lms.makarauiacademy.com/ atau melalui akun Instagram, Twitter, Youtube, dan Facebook Makara UI Academy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com