Kompas.com - 20/08/2021, 19:39 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|

KOMPAS.com - Sariawan jadi salah satu penyakit yang sering dialami seseorang. Tentu bakal tidak nyaman jika menderita sariawan.

Karena itu, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) buat inovasi yakni memanfaatkan daun binahong menjadi plester sariawan.

Adapun inovasi itu digagas oleh Lisa Oktaviona S., Dania Tamimmi, Renita Rahma C.N., Nabila Hardina R. dan Afsal Unnisa R.

Baca juga: Kurangi Pencemaran Sungai, Mahasiswa UGM Terapkan Teknologi Aero Bubble

Salah satu anggota tim Afsal Unnisa R menjelaskan daun binahong memiliki sejuta khasiat yang berguna sebagai antiradang, antibakteri, dan mampu mempercepat penyembuhan luka.

"Inovasi berupa patch atau plester untuk sariawan dari daun Binahong bisa mengurangi ketidaknyamanan saat seseorang menderita sariawan," ujarnya seperti dikutip dari laman UB, Selasa (3/8/2021).

Sementara menurut Renita, keunggulan patch atau plester sariawan ini terletak pada durasi atau kontak obat pada sariawan yang lebih lama daripada obat gel, sehingga dapat:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. mempercepat proses penyembuhan

2. meningkatkan kenyamanan

3. mengurangi rasa nyeri

Plester ini juga diformulasikan khusus berbeda dengan plester yang diaplikasikan pada kulit karena menyesuaikan dengan lingkungan rongga mulut.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.