Kompas.com - 16/08/2021, 10:15 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberi dampak besar bagi negara-negara di dunia. Banyaknya perubahan dalam berbagai bidang, membuat kebutuhan tenaga kerja turut alami perubahan.

Bersamaan dengan hal tersebut, ternyata ada juga sektor industri yang malah semakin bersemangat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, salah satunya adalah sektor industri di bidang teknologi informasi.

Sejauh ini, pemanfaatan teknologi informasi memang sangat membantu dalam berbagai hal, seperti pelaksanaan proses pembelajaran baik di tingkat sekolah maupun universitas, pelayanan publik, dan lain-lain.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Itulah mengapa, permintaan tenaga profesional di bidang teknologi informasi semakin meningkat. Ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan bagi lulusan Jurusan Teknik Informatika.

Melansir platform edukasi Quipper Campus, Senin (16/8/2021), berdasarkan keterangan dari Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang pernah disampaikan kepada media, setidaknya di era new normal ini ada 30 jenis pekerjaan yang paling banyak butuhkan. Berikut sepuluh di antaranya:

1. Apps creator/developer

Apps developer adalah orang yang membuat dan menguji suatu aplikasi yang didesain khusus untuk berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet.

Selain itu, seorang apps developer juga bertugas untuk menyelesaikan permasalahan bugs yang biasanya terjadi yang menyebabkan suatu aplikasi tidak dapat berjalan sesuai dengan desain yang diharapkan.

2. Artificial intelligence architect

Artificial intelligence architect adalah orang yang berperan dalam mengukur kinerja AI yang telah dibuat dan mempertahankan keberlanjutannya.

Baca juga: Pelatihan Data Science Gratis untuk Mahasiswa Semua Jurusan, Yuk Daftar

3. Big data analyst

Secara sederhana, big data analyst dapat dipahami sebagai seorang yang menjalankan fungsi anlisis terhadap suatu kumpulan data yang berukuran besar.

Untuk berkarier sebagai seorang big data analyst, kamu harus memiliki pemahaman yang komprehensif seputar data science dan juga menguasai berbagai program pengolahan data.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.