Kompas.com - 02/08/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi informasi palsu atau hoaks soal Covid-19. Shutterstock/r.classenIlustrasi informasi palsu atau hoaks soal Covid-19.
|

KOMPAS.com - Penyebaran hoaks atau berita bohong hingga kini masih marak terjadi, terlebih melalui media sosial. Karenanya, masyarakat perlu berhati-hati.

Terkait hal itu, Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan edukasi deteksi hoaks kepada masyarakat Dusun Gondanglegi, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Jumat (16/7/2021).

Adapun tema yang diusung ialah 'Peningkatan Kemampuan Masyarakat Mendeteksi Informasi Hoaks di Media Sosial di Era Pandemi Covid-19'.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Cara Belajar Lebih Produktif

Kegiatan diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan peserta masyarakat Pedukuhan Gondanglegi yang aktif dan bergabung di grup WhatsApp Gondanglegi Bersatu.

Pembicara pertama ialah Vani Dias yang menyampaikan tentang karakter media sosial dan penggunaan secara bijak.

Pokok pembahasannya berkaitan dengan karakter media sosial beserta dampak dan fungsinya serta sikap bijak dalam bermedia sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Materi kedua disampaikan Fitrinanda tentang etika bermedia sosial. Menurutnya, etika dalam bermedia sosial sangat penting.

Alasannya karena manusia tidak hanya hidup di dunia nyata tetapi juga ‘dunia baru’, yaitu realitas virtual yang bebas.

"Data dari Hootsuite (we are social) menyebutkan pengguna internet di Indonesia sangat tinggi karena mudahnya akses internet," ujarnya seperti dikutip dari laman UAD, Sabtu (31/7/2021).

Sementara narasumber lain, Rendra Widyatama menjelaskan tentang cara mengidentifikasi informasi hoaks. Menurutnya terdapat beberapa cara untuk mengetahui informasi hoaks.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.