Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi "Drive Thru" UGM Diapresiasi Menkes

Kompas.com - 31/07/2021, 13:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali melaksanakan vaksinasi bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM, Sabtu (31/7/2021).

Menariknya, vaksinasi digelar secara drive thru (layanan tanpa turun dari kendaraan). Bahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi vaksinasi drive thru di UGM tersebut.

Hal itu disampaikan Menkes saat melakukan kunjungan ke lokasi vaksinasi di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Cara Belajar Lebih Produktif

Adapun program vaksinasi kali ini diselenggarakan atas kerja sama UGM dengan TNI Polri selama dua hari, yakni 31 Juli dan 1 Agustus 2021.

"Terima kasih kepada UGM yang telah melaksanakan program vaksinasi dengan ribuan peserta ini sangat membantu ketercapaian cakupan vaksin nasional," ujar Menkes seperti dikutip dari laman UGM.

Menurutnya, keterlibatan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program vaksinasi di tanah air.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengapresiasi jalannya vaksinasi yang dilakukan secara drive thru karena berlangsung lancar dan tidak terjadi kerumunan yang berarti.

"Vaksinasi drive thru memang sudah banyak dilakukan. Yang di UGM ini berjalan rapi, tidak banyak kerumunan dan sangat merakyat," jelasnya.

Baca juga: Guru Besar UGM: Air Kelapa, Jeruk Nipis dan Garam Tak Bisa Hilangkan Covid

Minimalkan penularan Covid

Sementara Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, menyampaikan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM ini merupakan bentuk nyata komitmen UGM mendukung percepatan vaksin di tanah air.

Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi sehingga segera terbentuk kekebalan kelompok.

"Dari kerja sama dengan TNI Polri ini UGM mendapatkan jatah sebanyak 3.000 dosis vaksin. Sebanyak 2.000 dosis pada 31 Juli dan 1 Agustus 2021 dan 1.000 dosis sisanya akan diberikan minggu depan," jelasnya.

Dikatakan, vaksinasi kali ini dilaksanakan secara drive thru. Metode ini dijalankan guna mempercepat proses vaksinasi. Selain itu, juga meminimalkan penularan Covid-19 dengan dilaksanakan di ruang terbuka.

Vaksinasi drive thru juga telah dilaksanakan FKKKMK UGM sepanjang bulan Juli 2021.

Baca juga: Guru Besar Unair Ungkap 5 Tips Isolasi Mandiri yang Benar

Program vaksinasi merupakan kerja sama antara FKKMK UGM, RSA UGM, serta RSUP Dr. Sardjito yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan keluarga pegawai UGM serta kedepan akan dikembangkan bagi masyarakat secara umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com