Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2021, 19:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lima mahasiswa President University (PresUniv) mendapatkan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021. Mereka mendapatkan beasiswa setelah melalui proses seleksi ketat dari 3.500 peserta dari seluruh universitas di Indonesia.

IISMA merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia melalui program pertukaran pelajar ke universitas-universitas terkemuka di luar negeri.

IISMA juga bagian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kemendikbud Ristek. Program ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Seluruh biaya selama mengikuti program ini, seperti biaya kuliah dan pendaftaran, tunjangan transportasi, tunjangan biaya hidup selama mengikuti program, asuransi kesehatan, tunjangan visa, dan tes PCR, akan ditanggung oleh pemerintah.

Lima mahasiswa PresUniv angkatan 2019 berhasil lolos seleksi beasiswa IISMA tahun ini adalah:

  • Annisa Harovanta  (Prodi Manajemen)
  • Gede Made Danur Dharmahadi W (Prodi Manajemen)
  • Ahda Ayudia Hairisa (Prodi Hubungan Internasional)
  • Kadek Astri Dwijayanti (Prodi Hubungan Internasional)
  • Felicia Limiardo (Prodi Teknologi Informasi)

Baca juga: Ingin Jadi Programmer? Ikuti Beasiswa Candradimuka Jabar Coding Camp

IPK bagus, fasih bahasa Inggris 

Kelima mahasiswa tersebut akan kuliah di universitas luar negeri berbeda. Annisa akan ke National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan). Gede berkuliah di Varna University of Management (Bulgaria).

Ahda lolos ke University of Limerick, Irlandia, Kadek ke University of Warsaw (Polandia), dan Felicia ke University of Edinburgh (Inggris).

"Dari 3.500 peserta kemudian disaring menjadi 2.000 peserta untuk proses interview. Setelah itu disaring lagi hingga tersisa 1.000 peserta sebagai penerima beasiswa,” kata Aris Masruri Harahap, PIC program pertukaran pelajar di International Office, di PresUniv melalui rilis resmi (31/7/2021).

Aris juga menyampaikan mahasiswa PresUniv yang mendaftar di IISMA sudah diseleksi secara internal terlebih dahulu di kampus. “Setelah itu, yang lolos seleksi internal akan mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kampus,” jelas Aris.

Menariknya, satu dari lima mahasiswa PresUniv yang lolos program ini, yaitu Felicia, berhasil lolos ke University of Edinburgh. SUniversity of Edinburgh merupakan salah satu universitas terkemuka di dunia.

Berdasarkan pemeringkatan QS World University tahun 2021, University of Edinburgh menempati peringkat ke-20 terbaik di dunia. Sementara, untuk versi Times Higher Education World 2021, University of Edinburgh menempati peringkat ke-30.

Felicia pun menyampaikan alasannya memilih University of Edinburgh. Katanya, “Selain karena menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, universitas ini juga menawarkan mata kuliah yang saya sukai.”

Alasan lainnya, ialah karena gedung kampusnya juga sangat bagus. “Mirip yang ada di film Harry Potter,” ungkapnya sambil tersenyum.

Felicia mengaku sangat senang dan bangga bisa kuliah di salah satu universitas bergengsi di dunia. Sambil kuliah, ia juga akan belajar mengenal budaya negara tujuan dan meningkatkan keterampilannya.

Ia mengungkapkan bahwa sejak dulu sangat ingin kuliah di luar negeri, namun belum tercapai karena kendala biaya. Keinginan itulah yang mendorongnya mencoba program beasiswa penuh IISMA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com