Kompas.com - 24/07/2021, 06:53 WIB
Panut Mulyono ditumu awak media di kantor gubernur DIY, Kompleks Kepatihan Kompas.com/Wisang Seto PangaribowoPanut Mulyono ditumu awak media di kantor gubernur DIY, Kompleks Kepatihan
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) berkomitmen secara nyata dalam menangani pandemi Covid-19. Langkah itu dilakukan dengan menggandeng para mitra dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA).

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, salah satu wujud komitmen yang dilakukan UGM, yakni melalui penguatan Rumah Sakit Akademik UGM dan RSUP Dr. Sardjito.

Baca juga: Epidemiolog UGM: Aksi PPKM Darurat Tak Sukses Turunkan Kasus Covid-19

Lalu enyediaan pasokan oksigen, pelipatgandaan kemampuan laboratorium, pengoperasian selter isolasi bagi warga UGM dan masyarakat luas, dan percepatan program vaksinasi

Panut mengaku, UGM mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengorbanan seluruh tenaga kesehatan, dokter, perawat, laboran, petugas kamar jenazah, petugas pemakaman, dan lainnya di masa pandemi Covid-19.

"Karena mereka sudah merawat dan mengurus para penyintas dan korban meninggal karena Covid-19," jelas dia.

Panut juga menyebut UGM mendukung pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan kebijakan secara efektif, konsisten, dan akuntabel untuk memastikan penurunan angka penularan dan kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah pun diharapkan bisa meningkatkan kapasitas layanan kesehatan, percepatan vaksinasi, dan penyaluran bantuan sosial kepada kelompok terdampak.

Sampai saat ini, lanjut dia, UGM terus memperkuat sikap dan tindakan solidaritas sosial dalam menanganani situasi krisis pandemi melalui mobilisasi filantropi dan kedermawanan seluruh pihak.

"Kami juga meminta individu maupun masyarakat luas agar semakin disiplin dalam protokol kesehatan," ungkap dia.

Baca juga: Pakar IPB Ungkap Rahasia dan Manfaat Nanas

Wakil Rektor UGM Bidang SDM dan Aset, Bambang Agus Kironoto menyampaikan, saat ini RSA UGM dan Gadjah Mada Medical Center melayani vaksinasi bagi masyarakat umum melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.