Kompas.com - 10/07/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi notasi musik. SHUTTERSTOCKIlustrasi notasi musik.

KOMPAS.com - Empat mahasiswa Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih juara dua pada lomba cover lagu bahasa isyarat tingkat nasional.

Keempat mahasiswa yang mencetak prestasi tersebut adalah oleh Wafi Erena, Andika Arfiana Putri, Aulia Yumna Zharifah, dan Yasmine Raudhah.

Tidak ada ketentuan khusus terkait lagu apa yang di-cover, keempat mahasiswa menjatuhkan pilihan untuk melakukan cover lagu berjudul Tenang yang dibawakan oleh Yura Yunita.

“Kami mengambil lagu ini karena sesuai dengan kondisi kami yang sedang hectic saat itu karena bertepatan dengan pekan UAS. Dalam teknisnya, kami melakukan shooting sendiri di rumah atau daerah masing-masing sesuai bagian-bagian yang telah ditentukan,” terang Yasmine, Jumat (9/7/2021), seperti dirangkum dari laman UNS.

Baca juga: UNS Buka Jalur Mandiri Gelombang 2, Ini Cara Daftar dan Biaya Kuliah

Yasmine mewakili teman-temannya berharap agar bahasa isyarat lebih populer di masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Harapan ke depannya, dengan banyaknya lomba-lomba yang melibatkan penggunaan bahasa isyarat seperti ini, bisa memperkenalkan dan membangun kedekatan masyarakat dengar dengan tuli. Semoga dengan banyaknya karya-karya yang diciptakan dari lomba-lomba seperti ini, membuat masyarakat bisa menghargai penggunaan bahasa isyarat dan menjadikan bahasa.isyarat lebih dikenal dan menarik banyak orang untuk mempelajarinya,” paparnya

Mahasiswa UNSDok. Humas UNS Mahasiswa UNS

Terkait penggunaan bahasa isyarat, Yasmine dan kawan-kawan belajar secara otodidak dari Youtube.

Selain itu, mereka meminta bantuan dari kakak tingkat dari UNS maupun luar UNS yang mereka kenal mengenai beberapa kosakata yang tidak diketahui.

Setelah melalui pembelajaran dan mengumpulkan video, akhirnya mereka dinyatakan sebagai juara dua.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3: Manfaat dan Cara Daftar

“Pastinya kaget dan senang sekali karena sebelumnya memang agak nggak yakin ya. Ini videonya, kan produk hasil kebut, mungkin bahasa isyarat di dalamnya juga nggak keterima. Apalagi, kami masih mahasiswa semester dua yang masih butuh belajar untuk menguasai bahasa isyarat. Tapi alhamdulillah, kita dikasih kesempatan untuk menang dan menjadi karya terbaik kedua,” ungkap Yasmine.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.