Kompas.com - 09/07/2021, 08:19 WIB
Ilustrasi hutan. Ilustrasi hutan.
|

KOMPAS.com - Jurusan kuliah di perguruan tinggi ada beragam. Mulai dari ekonomi, hukum, ilmu komunikasi, kedokteran, farmasi hingga jurusan teknik.

Tetapi, ada pula jurusan yang tak banyak dipilih yakni Kehutanan. Bagaimana peluang kerja bagi Rimbawan (ahli kehutanan) atau lulusan Jurusan Kehutanan?

Melansir laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (9/7/2021), peluang kerja bagi rimbawan di era milenial ini bahkan mengalami perkembangan.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Demikian diungkapkan Pungky Widiaryanto, alumnus Fakultas Kehutanan UGM yang sekarang bekerja sebagai Perencana Pembangunan Kehutanan dan Konservasi Alam, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dalam talkshow sharing alumni yang diadakan oleh Fakultas Kehutanan UGM, Kamis (8/7/2021).

Menurut Pungky, peluang kerja sebagai seorang birokrat masih ada. Seperti di Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK).

Atau di Balai Konservasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan lain sebagainya, kemudian peluang bekerja di LSM atau organisasi yang berbasis lingkungan hidup dan kehutanan juga masih tetap ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Persoalan menjaga hutan dari ancaman deforestasi, kebakaran, dan lain sebagainya, masih tetap harus diperjuangkan," ujarnya.

Walaupun orientasi industri nasional telah berpindah kepada manufaktur, jasa, teknologi dan lain sebagainya, akan tetapi lulusan fakultas kehutanan mendapat peluang baru.

Mengenal kemampuan lulusan kehutanan yang sangat baik dalam hal perkayuan, Pungky melihat adanya peluang besar ada di industri furnitur.

Selain itu, peluang kerja juga terdapat di industri pariwisata. Di era milenial ini, industri pariwisata seperti homestay, traveling, serta cafe yang berbasis alam berkembang semakin pesat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.