Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITB dan Unpad Bisa Kuliah Lintas Kampus

Kompas.com - 08/07/2021, 18:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) menjalin kerjasama perkuliahan lintas kampus.

Baca juga: Dosen Unair: Ini Gizi Penting Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Demikian disampaikan Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto melansir laman ITB, Kamis (8/7/2021).

"Nantinya, mahasiswa Unpad bisa berkuliah di ITB, begitu pula sebaliknya," ucap Arief.

Melalui kerjasama akademik ini, dia berharap, ITB dan Unpad dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa, agar mendapatkan bidang ilmu di luar kompetensi inti program studi mereka.

"Dan juga sekaligus memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar berkolaborasi," ujar dia.

Dia mengaku, program yang diinisiasi oleh Rektor ITB dan Rektor Unpad ini dilakukan sebagai bagian dari kerjasama lebih luas di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Program ini sekaligus merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Koordinasi kerjasama perkuliahan lintas kampus ini dilakukan langsung oleh Direktorat Pendidikan ITB dan mitranya dari Unpad.

"Kerjasama akan dilaksanakan dua format kegiatan yaitu pertukaran pelajar dan kegiatan akademik di dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat," ucap dia.

Dalam program yang akan mulai dilaksanakan pada semester pertama tahun akademik 2021/2022 mendatang ini, mahasiswa ITB dan Unpad dapat memiliki mata kuliah yang ditawarkan masing-masing kampus.

Dia mencontohkan, pada semester 1 2021/2022, ITB menawarkan 82 mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa Unpad, sementara Unpad sudah menginventarisir 111 mata kuliah untuk mahasiswa ITB.

Baca juga: Tips Jitu Penanganan Saraf Kejepit ala Dokter RSUI

Informasi lebih detail mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ITB - UNPAD Semester I 2021/2022, serta daftar dan isi mata kuliah UNPAD dapat dibaca dan diunduh pada tautan https://linktr.ee/merdekabelajar.itb.

Menurut Arief, dalam pelaksanaan program kerjasama akademik ini, mahasiswa Unpad akan terdaftar sebagai mahasiswa non reguler ITB dan demikian pula sebaliknya.

Setelah perkuliahan, mahasiswa ITB akan mendapatkan transkrip nilai dari Unpad yang dilaporkan kepada program studi (Prodi) untuk mendapatkan pengakuan dari ITB melalui mekanisme transfer kredit.

"Untuk mengikuti program ini, seluruh mahasiswa tidak dipungut biaya," tutur dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com