Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Berikut Prospek Kerjanya

Kompas.com - 22/06/2021, 11:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran masuk perguruan tinggi hingga kini masih dibuka. Selain perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS) juga masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Jika jalur SNMPTN 2021 dan SBMPTN 2021 telah usai, kini masih ada jalur seleksi mandiri di PTN atau PMB di berbagai PTS.

Secara khusus bagi kamu anak IPA dan saat ini masih bingung mencari jurusan kuliah yang cocok, maka harus segera menentukan jurusan kuliah.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS Berikut Prospek Kerjanya

Melansir Rencanamu.id, berikut ini ada 10 jurusan kuliah terbaik bagi anak IPA serta prospek kerjanya.

Tentunya, semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Jangan sampai nanti kamu salah pilih jurusan kuliah.

Berikut beberapa jurusan kuliah untuk anak IPA. Tetapi ini bukan berdasarkan pemeringkatan jurusan yang terbaik.

1. Pendidikan Kedokteran

Jurusan ini sangat bergengsi bagi anak IPA. Tentu karena biaya kuliahnya dikenal sangat mahal. Maka semua harus disesuaikan dengan kemampuan dirimu serta keuangan orang tuamu.

Nantinya, mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu:

  • mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan
  • mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan.

Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi.

Prospek kerja:

  • Dokter Umum
  • Dokter Anak
  • Dokter Kandungan dan Ginekologi
  • Dokter Pengobatan Nuklir
  • Dokter Pengobatan Olahraga

2. Farmasi

Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Kimia.

Prospek kerja:

  • Spesialis Kimia
  • Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker

3. Ilmu Gizi

Untuk jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com