Kompas.com - 03/07/2021, 23:21 WIB
Webinar nasional Transformasi Manajemen Pemerintah dan Korporasi Menghadapi Perubahan di Era Pandemi dan Digital? yang diadakan PPM Manajemen pada Sabtu, 3 Juli 2021. DOK. PPM MANAJEMANWebinar nasional Transformasi Manajemen Pemerintah dan Korporasi Menghadapi Perubahan di Era Pandemi dan Digital? yang diadakan PPM Manajemen pada Sabtu, 3 Juli 2021.

KOMPAS.com - Masa pandemi global Covid-19 dinilai menjadi momentum terbaik untuk melakukan transformasi manajemen agar mampu bertahan dan bangkit dari krisis yang sudah berjalan hampir satu setengah tahun ini.

Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan swasta atau dunia usaha juga menjadi unsur penting lain dalam menghadapi tiga disrupsi besar yang tengah dihadapi Indonesia saat ini: disrupsi digital, milenial dan pandemi.

Benang merah transformasi dan kolaborasi ini mengemuka dalam webinar nasional "Transformasi Manajemen Pemerintah dan Korporasi Menghadapi Perubahan di Era Pandemi dan Digital” yang diadakan PPM Manajemen pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Webinar nasional ini diadakan sebagai bagian dari HUT ke-54 PP Manajemen dan menghadirkan beberapa narasumber utama yakni Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia 2016-2019); dan Enggartiasto Lukita, (Menteri Perdagangan Republik Indonesia 2016-2019).

Dalam pengantar acara, Shanti Poesposoetjipto, Ketua Pembina Yayasan PPM, menyampaikan dengan sinergi antara pemerintah dan korporasi diharapkan akan melewati tantangan

"Karena bersama kita pasti bisa, insyallah, lolos dari tantangan-tantangan yang kita hadapi khususnya din saat ini yang cukup kritis dan dirasakan insan yang berada di negara tercinta kita ini," ujar Santi.

"Insyaallah kita bisa tetap menjaga kelangsungan eksistensi Indonesia dan masa depan, apapun bentuk disrupsi yang harus kita hadapi. Looking to the future," pungkas Shanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: UMN Luluskan 23 Mahasiswa Magister Manajemen Angkatan Pertama

Momentum transformasi

Dalam kesempatan tersebut, Rudiantara menegaskan masa pandemi justru menjadi momentum untuk melakukan tranformasi manajemen.

"Kita sedang dalam momentum terbaik untuk bertransformasi. Mumpung pandemi...," ungkap Rudiantara. Hal ini didorong karena pandemi dan teknologi telah membentuk wajah ekonomi baru yang berbasis digital," tambahnya lagi.

Oleh karenanya, membangun ekosistem dan berkolaborasi, jelas Rudiantara, menjadi sebuah keniscayaan karena akan membawa efisiensi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.