Kompas.com - 03/07/2021, 19:39 WIB
Ilustrasi rempah SHUTTERSTOCK/monticelloIlustrasi rempah
|

KOMPAS.com - Di Indonesia ada banyak rempah yang dijadikan tanaman obat. Bahkan dijadikan bahan baku jamu dan suplemen herbal yang berkhasiat.

Salah satu khasiatnya adalah sebagai agen antiinflamasi. Akan tetapi, belum banyak riset untuk menjelajahi lebih lanjut tanaman antiinflamasi tersebut.

Serta belum adanya pengetahuan dan teknologi yang cukup untuk mendukung budidayanya. Padahal, tanaman-tanaman obat di Indonesia banyak manfaatnya.

Baca juga: Siswa Ingin Jaga Imun? Rempah Ini Kaya Manfaat, Bonus Berat Badan Turun

Terkait hal itu, Dr. Wisnu Ananta Kusuma selaku Dosen IPB University dari Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membuat Aplikasi Ijah IPB University.

Selain itu, Prof. Sandra Arifin Aziz, Dosen IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian membahas aplikasi ini dalam TropBRC Webinar Series 2021 kelima IPB University.

3 rempah berkhasiat tinggi

Prof. Sandra mendapati bahwa aplikasi Ijah IPB University (Indonesia Jamu Herbs) memberikan banyak informasi terkait tanaman antiinflamasi yang ada di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya, hanya sedikit jenis tanaman antiinflamasi yang terdata. Tetapi, dalam aplikasi Ijah IPB University, ada 139 tanaman yang potensial sebagai obat herbal antiinflamasi.

Contohnya dari kelompok tanaman Zingiberaceae serta tanaman tahunan khas seperti kemuning.

Berdasarkan data dari Ijah IPB University, jenis Zingiberaceae, yakni:

  • jahe
  • temulawak
  • kunyit

Ketiga tanaman itu berkhasiat untuk mengobati lebih dari 30 penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.