Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Corpora Bersama Primagama Tingkatkan Pendidikan Vokasi Digital

Kompas.com - 24/06/2021, 21:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan dunia pendidikan terutama di masa Pandemi Covid-19 sangat bergantung pada media pembelajaran digital atau pengajaran berbasis teknologi.

Era disrupsi teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan.

Baca juga: Kisah Inspiratif, Anak Kuli Bangunan Lolos SNMPTN di FMIPA UGM

Tidak hanya dampak perubahan tatanan pendidikan, Pandemi Covid-19 nyatanya membawa dampak besar terhadap keadaan ekonomi masyarakat.

Hal ini menjadi perhatian PT UI Corpora sebagai holding company milik Universitas Indonesia (UI) dan Primagama sebagai bimbingan belajar terbesar di Indonesia untuk turut serta dalam pemenuhan pendidikan dan keterampilan berbasis teknologi.

Melihat kebutuhan akan pendidikan dan keterampilan dari masyarakat, UI Corpora dan PT Prima Edu Internasional sebagai holding company dari Primagama berkolaborasi dalam sebuah Kerjasama Operasi (KSO) untuk menjadi lembaga pelatihan.

KSO ini menjadi sebuah kerjasama strategis antara UI Corpora dan Primagama untuk turut berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia yang memiliki pendidikan serta keterampilan yang berkualitas.

Bidang pelatihan yang akan dibuka di tahun pertama antara lain, digital marketing, pelatihan menjadi barista profesional, dan pelatihan menjadi entrepreneur di bidang kuliner.

Pelatihan-pelatihan tersebut tidak hanya mengajarkan keahlian dalam bidangnya, tetapi platform edukasi nantinya akan mengajarkan bagaimana mengelola usaha, mengatur keuangan usaha, dan semua hal yang diperlukan oleh untuk menjadi seorang entrepreneur.

Baca juga: Nadiem Makarim: Lulusan Vokasi Langsung Kerja dan Peroleh Upah Layak

Menurut Direktur UI Corpora Syahnan Poerba, UI Corpora sebagai holding company UI mendukung adanya pengembangan pendidikan berbasis keterampilan yang berkualitas dan dibutuhkan oleh industri.

"Para pengguna layanan ini akan dibentuk untuk menjadi entrepreneur. Layanan pendidikan melalui digital platform ini nantinya akan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," ucap Syahnan Poerba melalui keterangan resminya, Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Sementara Presiden Direktur Prima Edu Internasional, Benny Surjadharma menyebut, perlu adanya inovasi belajar yang cepat dan menyeluruh. Sehingga pemerataan pendidikan dapat segera terlaksana.

Pendidikan vokasi, kata dia, sangat dibutuhkan untuk mencetak dengan cepat para entrepreneur di Indonesia.

"Dengan begitu bisa memenuhi kebutuhan terhadap karyawan yang berkualitas oleh Industri," kata Benny.

Selain itu, lanjut dia, kebutuhan industri akan karyawan yang siap kerja dan kebutuhan mencetak entrepreneur di masyarakat tentunya menjadi dorongan penting adanya pengajaran vokasi yang menyeluruh dengan digital.

Baca juga: UI Masuk 300 Besar Dunia

"Pengembangan talenta itu juga turut menjadi perhatian kerjasama antara UI Corpora dengan Primagama," tukas dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com