Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2021, 11:32 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) telah mengumumkan rilis yang menempatkan Universitas Indonesia (UI) masuk dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Quacquarelli Symonds adalah penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global.

Baca juga: 3 PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022, Ada UMS

Misinya adalah memungkinkan orang-orang yang termotivasi di mana pun di dunia untuk memenuhi potensi mereka melalui pencapaian pendidikan, mobilitas internasional, dan pengembangan karier.

Di tengah pandemi Covid-19, kerja keras seluruh sivitas akademika UI selama setahun terakhir membawa hasil signifikan sehingga menempatkannya di ranking 290 ( naik 15 peringkat dari posisi 305 pada tahun lalu).

QS melakukan penilaian ranking berdasarkan enam indikator, yaitu:

  • Academic Reputation
  • Employer Reputation
  • Citations per Faculty
  • Faculty/Student Ratio
  • International Faculty Ratio
  • International Student Ratio.

Pencapaian UI tersebut berkat skor tertinggi dalam penilaian Employer Reputation dan International Student Ratio.

Menurut rilis QS, dalam hal Employer Reputation, UI meraih skor 51.8 sehingga berada di peringkat 166 untuk kategori tersebut.

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2021

UI telah meningkatkan pengakuannya di antara komunitas akademik global, sehingga menempati ranking 185 atau termasuk di antara 200 teratas untuk indikator Academic Reputation.

Selain itu, UI telah meningkatkan kapasitas pengajarannya, diukur menggunakan matriks QS Rasio Fakultas/Siswa.

Pada rilis yang sama, disebutkan bahwa banyak negara secara agresif berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta menyusun strategi untuk menarik akademisi dan mahasiswa ke universitas mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi global tetap kompetitif seperti sebelumnya.

Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan, kerja keras UI sangat dibutuhkan karena sebagai world class university yang ada di depan mata saat ini adalah komunitas perguruan tinggi global.

"Saya sangat berterimakasih kepada semua elemen di UI yang terus berkontribusi memberikan sumbangsih dan bergerak menuju UI yang lebih baik, sekalipun tantangan makin berat," ucap dia melansir laman UI, Kamis (10/6/2021).

Dalam lansekap yang sangat kompetitif ini, bilang dia, kinerja pemecahan rekor yang dicapai oleh pendidikan tinggi Indonesia sangat layak untuk diapresiasi.

Dengan siswa yang semakin menuntut pengalaman belajar yang personal, tren peningkatan kapasitas mengajar di Indonesia sangat menjanjikan.

"Jika universitas-universitas di Indonesia sekarang dapat bekerja dengan industri dan mitra di seluruh dunia untuk meningkatkan kolaborasi riset dan visibilitas global, maka kemungkinan akan menaikkan peringkatnya di QS WUR," jelas dia.

Pemeringkatan QS World University Rank memberikan analisis komparatif otoritatif tentang kinerja 1.300 universitas top dunia yang dapat ditemukan di 97 lokasi.

Ada 6.415 lembaga dinominasikan untuk dievaluasi, 3.775 dievaluasi sebagai memenuhi syarat dan 1.673 dianalisis.

Baca juga: UGM Masih Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022

Hasilnya juga memperhitungkan distribusi dan kinerja 14,7 juta makalah akademis yang diterbitkan antara 2015 dan 2019, dan 96 juta kutipan yang diterima oleh makalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com