Kompas.com - 04/06/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2021 merilis perguruan tinggi terbaik di tingkat Asia. Tak tertinggal peringkat terbaik di Indonesia.

Melansir laman Times Higher Education, Jumat (4/6/2021) memberitahukan, dalam menentukan pemeringkatan ini, THE melihat data dari 551 universitas di 30 wilayah.

Baca juga: 7 SMA Terbaik di Depok dan Bogor Berdasarkan Nilai UTBK 2020

THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset intensif pada semua misi para perguruan tinggi.

Yakni, meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

Setidaknya ada 13 indikator kinerja yang digunakan THE Asia University Rankings 2021.

Semua indikator itu sama yang digunakan THE World University Rankings, dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara indikator penilaian THE Asia University Rangkings 2021 dikelompokkan menjadi lima bidang, yaitu teaching, research, citations, international outlook, dan industry income.

Dari hasil pemeringkatan yang dilakukan THE Asia University Rangkings 2021, terdapat 9 nama perguruan tinggi terbaik di Indonesia, salah satunya dari swasta.

Baca juga: SMA Terbaik di Tegal dan Brebes Berdasarkan Nilai UTBK 2020

Adapun nama 9 nama perguruan tinggi terbaik Indonesia, sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia (UI).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.