Kompas.com - 20/06/2021, 16:06 WIB
Ilustrasi rabies FREEPIK/Verctor JuiceIlustrasi rabies
|

KOMPAS.com - Agar hewan peliharaan kesayangan tetap sehat, selain menjaga kebersihan dan makanannya, pemilik juga harus melakukan beberapa vaksin.

Vaksin ini wajib dilakukan untuk membentuk antibodi pada tubuh hewan peliharaan. Karena hewan peliharaan rentan terpapar berbagai penyakit, salah satunya yaitu rabies.

Rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit infeksi akut pada susunan syaraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies.

Penyakit ini bersifat zoonosis dengan cara penularan melalui gigitan, cakaran, jilatan pada kulit terbuka yang sedang terluka oleh hewan tertular rabies.

Baca juga: Sebanyak 1.300 Mahasiswa Universitas Pertamina Bisa Nikmati Beasiswa

Gejala rabies pada hewan

Merangkum dari kanal Youtube Institut Pertanian Bogor (IPB) University, gejala klinis bagi hewan yang tertular virus rabies dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahap prodomal

1. Tahap ini merupakan tahap awal gejala, seperti perubahan perilaku hewan yang tidak mengenal dan mengacuhkan perintah pemiliknya.

2. Mudah terkejut

3. Cepat berontak

4. Terjadi kenaikan suhu tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X