Kompas.com - 31/05/2021, 09:59 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri sebagai jalur pilihan bila calon mahasiswa tak lolos masuk PTN melalui SNMPTN maupun SBMPTN 2021.

Melansir laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), kuota setiap program studi (prodi) yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen (tiga puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan, sehingga peluang untuk masuk melalui jalur mandiri terbuka lebar.

Meski LTMPT menyebut pengumuman hasil SBMPTN 2021 baru akan dilaksanakan 14 Juni 2021, namun calon mahasiswa yang ingin ikut jalur mandiri perlu mencermati tanggal pendaftaran.

Pasalnya, pendaftaran jalur mandiri sejumlah PTN ada yang ditutup sebelum pengumuman SBMPTN 2021.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Merangkum laman Zenius Education, berikut tanggal penting pendaftaran jalur mandiri PTN selama Juni dan Juli 2021. Jadwal resmi pendaftaran dan pelaksanaan seleksi mandiri tiap PTN dapat dilihat melalui website PTN yang bersangkutan.

8 Juni

  • Batas pendaftaran SMUP Unpad Jalur UTBK dan Jalur Ujian SMUP.

9 Juni

10 Juni

  • Batas pendaftaran Seleksi Mandiri ITB.

Baca juga: Institut Teknologi PLN Buka Jalur Seleksi D3-S1 Gunakan Nilai Rapor

14 Juni

  • Pengumuman UTBK 2021.

16 Juni

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.