Kompas.com - 24/05/2021, 17:57 WIB
Undip KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAUndip

KOMPAS.com - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Yos Johan Utama berpendapat bahwa mahkota tertinggi dari universitas bukanlah dinilai dari peringkat-peringkat semata, melainkan kecepatan para alumni dalam memperoleh pekerjaan.

Ia mengatakan, Undip termasuk lima besar universitas di Indonesia yang lulusannya paling cepat mendapatkan pekerjaan, yakni kurang dari enam bulan.

Enam kampus di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2020 atau kampus dengan lulusan paling cepat terserap kerja ialah Institut Teknologi Bandung, Binus University, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa 2022 Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Uang Saku

"Karena itu para wisudawan perlu berbangga karena lulusan Undip sudah mendapat pekerjaan kurang dari enam bulan setelah lulus," paparnya saat memberikan sambutan pada Hari Kedua Tahap Ketiga Acara Wisuda ke-162 Undip, Kamis (20/5/2021), seperti dilansir dari laman resmi Undip.

Menurutnya, capaian ini didapat Undip karena didukung manajemen terbaik. Sehingga, dari 12 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum atau PTN-BH yang ada di antara 140-an perguruan tinggi negeri, Undip menempati nomor dua terbaik se-Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebijakan welas asih di tengah pandemi

Selain kecepatan mendapatkan pekerjaan, Prof Yos juga meminta agar para wisudawan bangga karena lulus dari universitas yang terakreditasi A.

"Kalian harus bersyukur telah dididik di kampus yang terakreditasi A. Berbanggalah juga karena Anda lulus dari universitas yang terfavorit se-Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran D3, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Lebih lanjut ia mengatakan, seleksi dan kompetisi untuk masuk ke Undip sangat ketat. Sebagai gambaran, untuk Program Studi Kedokteran Gigi dari 1.500- 1.800 yang mendaftar, harus bersaing ketat untuk memperebutkan sembilan kursi.

"Makanya, Anda yang sudah terpilih dalam kampus Undip harus berbangga," ujarnya.

Pakar hukum tata usaha negara ini juga sekilas mengungkap sejarah Kampus Diponegoro yang dimulai dari posisinya sebagai rintisan universitas negeri. Di Indonesia Perguruan Tinggi Negeri memiliki tiga jenjang status, yakni Satuan Kerja (Satker), Badan Layanan Umum (BLU) dan PTN-BH.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.