Dari Magang sampai Beasiswa, Ditjen Vokasi dan Kawan Lama Sinergi Perkuat Pendidikan Vokasi

Kompas.com - 06/05/2021, 15:27 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Ditjen Vokasi dan Kawan Lama pada Senin (3/5/2021) di Kantor Kemendibud Ristek, Jakarta. DOK. KAWAN LAMAPenandatanganan kerja sama antara Ditjen Vokasi dan Kawan Lama pada Senin (3/5/2021) di Kantor Kemendibud Ristek, Jakarta.

KOMPAS.com – Kemajuan pendidikan tidak hanya dapat ditumpukan pada Kemendikbud saja melainkan membutuhkan peran serta banyak pihak, termasuk di antaranya dunia usaha dan industri (DUDI).

Berangkat dari pemikiran ini, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek membuka pintu seluas-luasnya bagi DUDI yang terpanggil untuk memajukan pendidikan, khususnya pendidikan vokasi baik ditingkat dasar maupun pendidikan tinggi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto menyebutkan, upaya kerja sama ini perlu terus dilakukan guna pengembangan sumber daya manusia unggul, terampil, dan kompeten sesuai dengan perkembangan zaman.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, di antaranya adalah pihak industri. Dengan adanya kerja sama ini, kualitas pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan lebih maksimal,” tuturnya.

Menyambut tawaran tersebut, PT. Kawan Lama Sejahtera (PT. Kawan Lama) terdorong ambil bagian dalam peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Terkait hal itu, secara resmi dilakukan penandatanganan kerja sama antara Ditjen Vokasi dan Kawan Lama pada Senin (3/5/2021) di Kantor Kemendibud Ristek, Jakarta.

Baca juga: PII Inisiasi Kerja Sama Penguatan Vokasi Politeknik Indonesia dan Hungaria

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari beasiswa hingga magang

“PT. Kawan Lama Sejahtera selama ini telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung link and match antara pendidikan vokasi dengan DUDI," ungkap Direktur Utama PT. Kawan Lama Sejahtera Agustina Iftariani.

Agustina berharap, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama ini sinergi yang selama ini sudah terjadi dapat diperkuat dan diselaraskan dengan program Ditjen Vokasi.

"Perjanjian kerjasama ini akan dilanjutkan dengan langkah konkret melalui kerjasama Kawan Lama Group baik di tingkat kementerian, dinas maupun sekolah/politeknik sesuai ruang lingkup kerja sama," jelasnya.

"Harapannya dapat terbangun ekosistem yang saling mendukung antara dunia pendidikan dan dunia industri,” tambah Agustina.

Melalui rilis resmi (3/5/2021), Agustina menjelaskan ada beberapa ruang lingkup dalam pelaksanaan kerja sama ini, yaitu:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X