Kompas.com - 06/05/2021, 14:44 WIB
Tsana Afrani Suyono menjadi wisudawan terbaik Unpad. DOK. UnpadTsana Afrani Suyono menjadi wisudawan terbaik Unpad.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tsana Afrani Suyono, wisudawan terbaik Universitas Padjajaran (Unpad) dengan meraih IPK 3,95. Dia lulus dari Psikologi Unpad kurang lebih 4 tahun.

Selama kuliah di Unpad, Tsana aktif sekali belajar dan berkegiatan sosial. Karena, kata Tsana, dua hal itu menjadi tanggung jawab yang melekat dalam diri mahasiswa.

Baca juga: Unpad Buka Jalur Mandiri, Berikut Cara Daftar hingga Syaratnya

Tsana aktif di organisasi kegiatan sosial pengembangan anak dan remaja, karena dia sangat mendukung pengembangan anak-anak dan remaja.

"Anak-anak itu sebagai generasi penerus bangsa. Intervensi di awal tahun terutama di bagian kognitifnya sangat penting bagi perkembangan anak," kata dia melansir laman Unpad, Kamis (6/5/2021).

Tsana juga aktif di sejumlah organisasi sosial di Unpad, mulai dari komunitas pencinta anak dan remaja di tingkat fakultas, hingga aktif sebagai pengajar di Komunitas Taman Ilmu.

Di luar bidang anak dan remaja, dia juga pernah aktif di komunitas Earth Day Unpad dan membantu melakukan reboisasi lahan kritis di kawasan hulu Sungai Citarum.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada komunitas pencinta anak dan remaja, Tsana aktif mendatangi desa-desa dan beraktivitas bersama anak-anak, seperti membacakan dongeng hingga bermain bersama.
Sementara di Taman Ilmu, ia aktif menjadi pengajar mingguan di Desa Sukanegla, Jatinangor.

Di sana, Tsana mengajar sejumlah mata pelajaran. Tidak hanya sekadar mengajar, dia dan tim mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia sekolah.

Baca juga: Unpad Larang Dosen dan Tenaga Pendidikan Mudik Lebaran

Dengan demikian, proses belajar mengajar dikemas dengan suasana yang santai.

"Kami juga sering menyelipkan kurikulum moral, kasih pesan ke anak-anak. Jadi santai tetapi tetap bisa dapat pembelajaran," ujar Tsana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X