Kompas.com - 02/05/2021, 11:07 WIB
Ki Hajar Dewantara diabadikan 11 Maret 1959, sebulan sebelum meninggal. -Ki Hajar Dewantara diabadikan 11 Maret 1959, sebulan sebelum meninggal.

KOMPAS.com - Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia selalu memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas.

Namun, tidak banyak yang tau jika lahirnya Hardiknas tak lepas dari pelopor pendidikan pribumi Indonesia di era kolonialisme. Sosok itu, ialah Ki Hadjar Dewantara.

Merangkum dari laman lpmpriau.kemdikbud.go.id, Hari Pendidikan Nasional, atau Hardiknas adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Sementara anak pribumi yang kelas ekonominya rendah dianggap tidak pantas, sehingga terjadi ketimpangan yang besar.

Baca juga: Mendikbud Terapkan 8 Syarat Penting Upacara Hardiknas 2 Mei

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia.

Lalu, setelahnya Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959.

Mengenal Lebih Jauh Sosok Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara yang memiliki nama asli R.M. Suwardi Suryaningrat lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta, 2 Mei 1889.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.