Kompas.com - 28/04/2021, 06:59 WIB
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Pelajaran Matematika sudah dipelajari sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.

Matematika ternyata tidak sekedar berhitung perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan saja. Di level yang lebih tinggi, Matematika bisa lebih kompleks.

Tahukah kamu, ternyata ada seorang ilmuwan yang menyumbangkan pemikiran tentang ilmu Matematika.

Ilmuwan itu adalah Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Yuk, kenal lebih dekat sosok Bapak Matematika dunia di ulasan berikut ini.

Merangkum dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), salah satu cabang ilmu Matematika adalah aljabar.

Baca juga: Pakar UGM: Covid-19 Terus Bermutasi, Masyarakat Harus Disiplin Prokes

Penemu aljabar dan angka nol

Menurut catatan sejarah, ilmuwan Muslim bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi adalah tokoh penting dalam perkembangan ilmu Matematika. Beliau merupakan penemu aljabar dan penemu angka nol.

Al-Khawarizmi memiliki nama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi. Ilmuwan ini lahir di sebuah kota kecil bernama Khawarizm yang terkenal di Uzbekistan sekitar tahun 780M.

Sosok Al-Khawarizmi ini juga dikenal dengan sebutan Algoritm, Algorismus, atau Algoritma oleh para ilmuwan Barat dan Eropa.

Baca juga: Psikolog UGM: Orangtua Wajib Tahu 8 Karakteristik Generasi Digital

Ilmuwan Muslim ini memperkenalkan aljabar dan hisab. Al-jabar adalah karya pertama Al-Khawarizmi berupa buku yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat.

Aljabar adalah cabang Matematika yang menggabungkan angka rasional, irasional, dan magnitude geometris yang menjadi objek-objek dalam aljabar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.