Kompas.com - 21/04/2021, 09:52 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar dari rumah

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini membuat kegiatan belajar mengajar masih harus dilakukan jarak jauh (PJJ). Tak jarang, orangtua dan siswa yang cemas saat akan menghadapi ujian tengah semester maupun ujian sekolah.

Ketidaksiapan menghadapi ujian tak dimungkiri dapat menjadi pemicu stres pada anak. Kondisi tersebut dapat membuat anak kurang termotivasi belajar, bahkan malas-malasan.

Bagi anak yang cepat atau mudah beradaptasi, PJJ mungkin bukan sebuah masalah. Namun, tidak demikian bagi anak yang sulit atau tidak cepat beradaptasi. Alih-alih efektif, PJJ justru dapat mendatangkan tekanan. Terlebih saat menghadapi ujian.

Untuk itu, dalam proses menuju hari H, psikolog Devi Sani mengatakan anak perlu pendampingan untuk bisa sukses mengerjakan ujian.

Baca juga: 4 Bentuk Ujian Akhir Semester untuk Kenaikan Kelas Siswa pada 2021

Pendampingan anak tak hanya dilakukan oleh guru, Devi mengatakan orang tua harus menjadi pendamping utama bila ingin anak sukses ujian.

“Dukungan orangtua terhadap kelancaran anak menghadapi ujian sangat penting,” tutur Devi saat dihubungi oleh Kompas.com.

Devi menjelaskan lebih lanjut, ada sejumlah cara tepat untuk mendukung anak belajar agar proses memahami pelajaran menjadi optimal. Bila proses memahami pelajaran optimal, itu akan memberi pengaruh positif pada hasil ujian.

Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak mendapatkan nilai memuaskan saat ujian:

Baca juga: SE Mendikbud Nadiem: 4 Penentu Kenaikan Kelas Siswa di Masa Pandemi 2021

1. Simpan kecemasan

Saat anak mau ujian, bisa jadi orangtua yang lebih banyak cemasnya. Kondisi ini kerap membuat orangtua menuntut anak untuk banyak belajar bahkan rela memarahi anak yang malas belajar. Akhirnya, anak belajar dengan terpaksa dalam suasana hati yang buruk.

Padahal, menurut Devi suasana belajar perlu dibangun dengan kondusif dan menyenangkan, agar anak menikmati prosesnya dan lebih mudah memahami pelajaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X