Kompas.com - 20/04/2021, 21:44 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban luka akibat ledakan bom yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar yang masih di rawat di RS Bhayangkara, makassar, Selasa (20/4/2021) siang. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTOMenteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban luka akibat ledakan bom yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar yang masih di rawat di RS Bhayangkara, makassar, Selasa (20/4/2021) siang.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Melihat aksi dan bantuan masyarakat akan tanggap bencana alam, Indonesia membutuhkan peningkatan mutu dan kualitas penanggulangan bencana dari sisi sains dan teknologi.

Berangkat dari hal itu, Mensos Tri Rismaharini bersama ITS merancang program penanggulangan bencana.

Baca juga: Usia Hampir 60 Tahun, Pria Ini Lulus S3 di ITS

Risma mengaku, jika kontribusi masyarakat dan anak-anak muda di Indonesia ini sudah maksimal ketika ada bencana di wilayah Indonesia.

Dari sana ada banyak hal yang harus diperbaiki dan dikaji ulang untuk sisi pencegahannya.

"Maka dari itu, kami mendiskusikan tentang perancangannya, salah satunya desain rumah tahan bencana, seperti banjir, gempa dan sebagainya," kata dia melansir laman ITS, Selasa (20/4/2021).

Hal ini, kata Risma, juga didukung dengan letak Indonesia yang berada pada ring of fire.

Risma melanjutkan, berdasarkan pemetaan ternyata ada beberapa wilayah yang dilalui jalur megathrust dan bisa juga terkena tiga bencana.

"Daerah yang dilalui jalur ini bisa mengalami banjir, erupsi gunung berapi, dan tentu gempa yang berpotensi tsunami," jelas dia.

Dia berharap, jika nantinya rencana ini bisa didukung oleh ahli-ahli yang ada di ITS.

Dengan berbagai ilmu yang terkait, Risma mengaku sangat senang, karena rancangan ini ternyata sudah didesain oleh pihak ITS.

Baca juga: Rektor Unair: Vaksin Merah Putih Siap Digunakan Masyarakat di 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.